Loading...

Mungkin kamu pernah melihat topeng Plague Doctor satu ini, dan sudah terasa tak asing lagi. Sebuah band beraliran Metalcore bernama Bring Me The Horizon pernah menjadikan topeng Plague Doctor sebagai topeng para dancer yang mengiringi lagunya dalam video klip yang berjudul “Can You Feel My Heart.”

images?q=tbn:ANd9GcQPumFUQHjY XZ5Rx1IOmt0aT8RU CFsV An0OhD5LU1amM0WPs - Sejarah Topeng Plague Doctor Yang Jadi Atribut Bring Me The Horizon Hingga Tokyo Ghoul

Atau kamu pecinta Anime? Pernah melihat topeng aneh ini?. Ya, dalam serial anime Tokyo Ghoul yang memang terkenal dengan karakter Ghoul-nya yang menggunakan topeng. Ken Kaneki si karakter utama dalam Tokyo Ghoul adalah pengguna topeng yang mirip dengan Plague Doctor.

Baca Juga  Tahukah Kamu Ada Teori Evolusi Pertama Dari Seorang Muslim, 600 Tahun Sebelum Darwin

images?q=tbn:ANd9GcQyR5B3lp5Y8bKQJ3VmRb1S98VFnfdvL9toi4J4y0T64g2AS5Yi - Sejarah Topeng Plague Doctor Yang Jadi Atribut Bring Me The Horizon Hingga Tokyo Ghoul

Lalu, seperti apa sejarah dari topeng Doctor Plague ini?.

Topeng ini pertama kali diciptakan oleh Dr. Charles de Lorme, seorang dokter yang menangani wabah penyakit di Paris.

Pada tahun 1619 Paris diserang oleh wabah penyakit yang melanda rakyatnya, para dokter menyimpulkan bahwa penyakit itu menular lewat udara serta bebauan yang terhirup oleh manusia.

images?q=tbn:ANd9GcT6YOxtyk70216jsMDIfFAS XPsXyYxKTw0bKgsCPTuVrjJpwgc2Q - Sejarah Topeng Plague Doctor Yang Jadi Atribut Bring Me The Horizon Hingga Tokyo Ghoul

Para dokter pun mengenakan topeng Plague Doctor saat menemui para korban penyakit, dokter yang menangani pasien bukan hanya diberikan topeng saja, tapi lengkap beserta jubah, sepatu, dan sarung tangan agar sang dokter tak melakukan kontak fisik langsung terhadap pasien.

Baca Juga  Rekomendasi 3 Anime Summer 2017, Wajib Banget Buat Kamu!

Lalu kenapa topeng ini memiliki paruh layaknya burung?, paruh tersebut sebenarnya dimanfaatkan untuk menaruh wewangian didalamnya, seperti aroma mint dan lavender agar dokter tak mencium bau dari pasien.

images?q=tbn:ANd9GcS79 lxigrRm5K0Ug3fjbFClJS0aJaEt y0tAmYffQV6S148t  tQ - Sejarah Topeng Plague Doctor Yang Jadi Atribut Bring Me The Horizon Hingga Tokyo Ghoul

Walau topeng ini menandakan bahwa tibanya dokter, para korban malah menganggapnya sebagai tanda bahwa kematian akan segera menjemput, karna dokter yang mengenakan topeng ini hanya akan menemui orang yang mengalami keadaan yang parah. Bila dokter tak dapat menyembuhkan, maka pasien hanya akan menunggu waktu untuk dikarantina.

- Sponsored -
Loading...