Hayoo siapa nih yang lagi Baper alias bawa perasaan? Sebenarnya baper itu sah-sah aja, tapi kalau berlarut-larut atau sedikit-sedikit baper ngga baik.

Baper sendiri merupakan salah satu sindrom yang cepat menular dari satu orang ke orang lainnya. Ngga percaya? Coba deh, para jomblo kumpul nonton bareng film romantis, dijamin baper jamaah.

Baper seringkali dikaitkan sama urusan percintaan padahal ngga selalu lho, meskipun memang kebanyakan orang baper karena masalah hati. Dari yang baru putus, gagal move on, ngga laku-laku alias jomblo bahagia sampai ngenes. Nah lho!

Kamu boleh kok baper, asal tidak sampai melupakan kewajiban kamu. Misalnya sebagai pelajar tugas utama kamu belajar dong, ya jangan sampai lupa mengerjakan tugas atau bagi kamu yang sudah bekerja, semangat dong kerjanya supaya cepat naik jabatan.

Sayangnya, kalau kamu udah kena baper tingkat akut agak-agak susah nih buat sembuh. Harus berjuang ekstra keras, tapi bukan berarti ngga bisa sembuh. Asal ada niat, disitu ada jalan. Bener ngga tuh?

Terus, gimana sih cara mengatasi biar ngga sedikit-dikit baper? Ada kok caranya, intip ya!

1Batasi Tontonan yang Bikin Baper

Doctors kiss scene 2 - Kamu Baperan? Cobain Tips Ini, Pasti Sembuh Dah!

Salah satu tontonan yang bakal bikin kamu baper apalagi kalau status kamu jomblo kesepian tuh ya drama percintaan yang so sweet abis melebihi manisnya coklat. Contohnya ya kalau anak zaman sekarang tuh demen banget sama drama korea – drakor.

Baca Juga  Pemain-Pemain Bulutangkis Ini Bikin Kamu Keteteran Gak Ngadepin Smash-annya?

Tau sendiri dong mau sesulit apa kehidupan protagonist di drakor kebanyakan  pasti happy end alias berakhir bahagia. Sebenarnya ada sisi positifnya, kamu bisa mencoba untuk bangkit, tapi kalau sebaliknya gimana? Bukannya semangat menatap masa depan, kamu malah bergalau ria. Wah, makin runyam urusannya.

Jadi, sebaiknya batasi dulu deh, hindari sementara sampai kamu lebih kuat, ngga baperan.

2Nonton Sitkom Aja Deh

presidential prank - Kamu Baperan? Cobain Tips Ini, Pasti Sembuh Dah!Komedi itu banyak jenisnya, pilih yang pure komedi aja ya. Soalnya kalau ada unsur romantisnya dikit, bisa-bisa kamu kumat baperan. Duh, gawat!

Pilih tontonan yang bukan cuma menghibur, tapi mendidik. Kan banyak tuh, pintar-pintar memilih aja. Oke?

3Stop Lagu Cinta

anji dia dianya enggak youtube b759 640x360 00003 - Kamu Baperan? Cobain Tips Ini, Pasti Sembuh Dah!

Hari gini kebanyakan lagu tuh dipenuhi lirik-lirik cinta bahkan ada lho yang puitis banget. Nah, ini dia nih musuh kamu yang baperan. Ganti lagu! Lagu yang bertemakan semangat aja.  Kamu mungkin bisa pilih lagu lagu modern diluar romantisme atau lagu Nasional dan Daerah yang sarat akan perjuangan. Hitung-hitung mempopulerkan lagu yang sudah banyak dilupakan sebagian besar orang dan secara tidak langsung membentuk jiwa patriotik kamu. Wuih, cakep kan!

4Alihkan Pikiran

o WOMAN THINKING facebook - Kamu Baperan? Cobain Tips Ini, Pasti Sembuh Dah!

Stop galau. Tatap masa depan. Jalan kamu masih panjang. Masa dihabiskan cuma buat baper ngga jelas gitu? Sayang dong! Jadi, mending energi kamu simpan dan gunakan untuk hal-hal yang lebih positif. Contohnya nih gabung Karang Taruna atau ikut kegiatan-kegiatan amal, jadi relawan. Selain berpahala dan faedahnya sangat besar, dijamin deh setelahnya kamu lebih menghargai hidup.

Baca Juga  Gaji Itu Berbanding Lurus Dengan Tanggung Jawab!

5Fokus dong Fokus

01 01 Firms in Focus Illustration 750x437 - Kamu Baperan? Cobain Tips Ini, Pasti Sembuh Dah!

Konon kunci utama keberhasilan adalah fokus. Intinya, kalau kamu fokus pada sesuatu kamu akan lebih cepat sukses. Maka cara terbaik menyembuhkan baperan kamu adalah fokus pada hal-hal yang membuat semangat kamu membara. Entah itu impian yang belum tercapai atau harapan jangka pendek. Apapun itu selagi positif, hajar aja! Semakin kamu sibuk, semakin sedikit waktu kamu buat baper.

6Perbanyak Ibadah

175 tips mendahulukan ibadah daripada pekerjaan kita - Kamu Baperan? Cobain Tips Ini, Pasti Sembuh Dah!

Ini dia yang paling penting. Usaha tanpa doa terasa kurang afdol. Mendekatkan diri pada sang Khalik itu wajib hukumnya. Bukan hanya suatu kewajiban, tetapi dengan berdoa dan memperbanyak ibadah, hati kamu akan tenteram, jiwa tenang, pokoknya enak deh. Lambat laun baperan kamu bisa sembuh. Sebaliknya nih, kalau udah baperan jauh pulak dari Tuhan, hidup rasanya kaya dikejar-kejar maling.

Wah, ternyata itu toh tips menghilangkan baper. Ternyata gampang ya? Jangan lupa, sebanyak apapun cara kalau kamu tidak ada niat dan berusaha, jangan harap bisa sembuh. Semangatnya mana nih?