Nasir Al-Din Tusi adalah Muslim berkebangsaan Iran. Lahir pada tanggal 18 Februari 1201 dan wafat tanggal 26 Juni 1274. Keahliannya mencakup bidang astronomi, biologi, kimia, matematika dan kedokteran. Ia juga dikenal sebagai ahli filsafat. Cendikiawan Muslim ini memiliki 150 karya, 25 diantaranya berbahasa Parsia dan sisanya berbahasa Arab.  Selama tinggal di Nishapur, Tusi merupakan Sarjana yg luar biasa. Tulisan-tulisannya dikenal sebagai hasil karya besar yang pernah dimiliki oleh kaum Muslim sepanjang sejarah.

Teori Evolusi Tusi

010998100 1477282947 A Treatise on Astrolabe by Tusi Isfahan 1505 640x426 - Tahukah Kamu Ada Teori Evolusi Pertama Dari Seorang Muslim, 600 Tahun Sebelum Darwin

Seperti dilansir dari halaman www.thevintagenews.com, teori Evolusi menurut Tusi dapat digambarkan sebagai berikut;

Munculnya kontradiksi internal dalam makhluk hidup akan menghasilkan beberapa zat. Beberapa zat diantaranya berkembang lebih cepat dan berbeda dari zat-zat yang lain.

Dia kemudiannya menjelaskan bagaimana unsur-unsur berevolusi menjadi mineral, tumbuhan, hewan, dan kemudian manusia. Tusi kemudian menjelaskan bagaimana variasi turun-temurun merupakan faktor penting bagi evolusi biologis makhluk hidup.

Makhluk hidup yang dapat mencapai bentuk baru adalah yang memiliki variabel yang lebih banyak. Akibatnya, mereka memperoleh keuntungan atas makhluk lain. Perubahan bentuk tersebut sebagai akibat dari interaksi internal dan eksternal.

Baca Juga  Selama Ini Taunya Make Aja Pasti, Tapi Udah Tau Belum Sejarahnya Google Play Store?

Kemampuan Adaptasi Organisme dengan Lingkungan

ilmuwan ungkap asal usul kepunahan dinosaurus Th5h8K86P5 - Tahukah Kamu Ada Teori Evolusi Pertama Dari Seorang Muslim, 600 Tahun Sebelum Darwin

Lihatlah hewan, mereka memiliki semua yang diperlukan untuk perlindungan, pertahanan untuk keberlangsungan hidup keseharian mereka. Termasuk di dalamnya  kekuatan, keberanian dan alat bantu yang sesuai dengan organ mereka. Beberapa diantaranya adalah senjata yang nyata, misalnya tanduk, gigi dan cakar yang lancip dan tajam bahkan ada pula yang berupa duri-duri yang mirip dengan anak panah.

Binatang yang memiliki cara lain bertahan (seperti kijang dan rase) melindungi diri mereka dengan cara lari kencang bagaikan terbang dan juga dengan kecerdikannya. Lebah, semut dan beberapa jenis burung, bersatu dalam kelompok untuk melindungi diri mereka dan membantu satu sama lain.

Tiga Jenis Makhluk Hidup

lingkungan hidup - Tahukah Kamu Ada Teori Evolusi Pertama Dari Seorang Muslim, 600 Tahun Sebelum Darwin

Hewan lebih tinggi dari tumbuhan, karena mereka dapat bergerak secara sadar untuk mencari makanan dan sesuatu yang diperlukan dalam hidupnya. Hewan lebih bisa berbuat secara aktif dari pada tumbuhan dan mereka dapat mempelajari hal-hal yang baru serta mengadopsinya. Ini adalah kemampuan non-bawaan. Langkah pertama dari kesempurnaan manusia mulai dari sini.

Baca Juga  Pong Tiku: Tegas Bernyali Pertahankan Harga Diri

Bagaimana manusia berevolusi?

evolution - Tahukah Kamu Ada Teori Evolusi Pertama Dari Seorang Muslim, 600 Tahun Sebelum Darwin

Sejenis Manusia (mungkin serupa dengan kera tingkat tinggi) hidup di bagian barat Sudan dan di penjuru dunia lain. Mereka dekat dengan binatang oleh karena kebiasaan mereka, perilaku dan perbuatan mereka.

Manusia memiliki tampilan tubuh yang membedakannya dari makhluk lain, tetapi bagian tubuh lain yang menyatukan dia dengan dunia hewan, tumbuhan dan bahkan dengan benda mati.

Sebelum penciptaan manusia, seluruh perbedaan antara organisme-organisme adalah asal-muasal alaminya. Langkah selanjutnya akan dikaitkan dengan kesempurnaan rohani, pengamatan dan pengetahuan. Semua fakta-fakta ini membuktikan bahwa manusia telah ditempatkan pada tahap tengah tangga evolusi.

Selanjutnya Ia mengatakan:

“According to his inherent nature, the human is related to the lower beings, and only with the help of his will can he reach the higher development level.”

Wallahu A’lam Bishawab.

- Advertisement -