Dunkirk ialah sebuah film yang mengusung genre action – adventure dari Hollywood. Disutradarai oleh sutradara Christopher Nolan yang juga merupakan penulis skenario, dan diproduseri oleh Christopher Nolan juga Emma Thomas.

Film ini akan dibintangi oleh aktor – aktris ternama yakni Tom Hardy, Cillian Murphy, Mark Rylance, dan juga Kenneth Branagh. Dibuat oleh rumah produksi RatPac Dune Entertainment, Syncopy, dan Warner Bros.

HIngga kini film tersebut masih melanglang buana di berbagai bioskop seluruh dunia dari tanggal 20 Juli kemarin hingga sekarang. Mimin pun masih belum kesampaian nonton hingga sekarang nih, kalau kamu?

Film ini mengisahkan mengenai operasi penyelamatan sekutu terbesar pada sejarah kemiliteran selama pasca perang dunia ke 2. Perang tersebut terjadi saat pasukan utama dari sekutu yakni tentara Inggris dan Perancis berada dalam wilayah Dunkirk dan dikalahkan oleh Nazi.

Baca Juga  The Croods, Film yang Pas di Tonton Bersama Keluarga di Akhir Pekan

dunkrik film christoper nolan - Dunkirk – Penyelamatan Paling Tragis Pasca Perang Dunia 2

Dunkirk sendiri merupakan sebuah kota yang ada di Perancis. Ketika masa perang, kota ini menjadi saksi bisu dari kejadian paling menyeramkan dari evakuasi di tahun 1940 silam.

Ketika tahun 1940, perdana menteri Inggris saat itu adalah Winston Churchill. Militer dari Inggris yang sedang melakukan ekspedisi bersama dengan angkatan darat Perancis terjebak dalam sebuah wilayah. Basis pertahanan tentara Inggris saat itu sedang berada di Kota Lillie. Dua kesatuan dari tentara Jerman dalam jumlah sangat banyak menyerang dari arah Timur yang dipimpin oleh Jenderal Fedor Von Bocks dan dari arah Barat yang dipimpin oleh Jenderal Gerd Von Rundstedt.

Baca Juga  Keanu Reeves Tak Tampil di The Matrix?

Tanggal 3 Juni 1940, satuan militer dari Inggris yang terakhir tiba dan diumumkan bahwa operasi Dunkirk sudah selesai. Meskipun demikian, menteri Inggris Winston Churchill tetap bersikukuh untuk kembali dan menyelamatkan angkatan darat dari Perancis. Untuk itu operasi Dunkirk merupakan operasi penyelamatan yang paling tragis di antara tentara dari Inggris dan tentara dari Jerman di tahun 1940.

Bagi Anda yang menyukai film sejarah dan perang, mungkin film perang bisa masuk dalam koleksi pribadi Anda.

- Advertisement -