Google Play Store merupakan toko aplikasi khusus untuk perangkat Android. Tanpanya, mungkin mengunduh Vainglory atau LINE dan lainnya tidak akan senyaman sekarang. Tapi taukah kalian bagaimana perjalanan “kios” ini sejak buka di 2008 sampai saat ini? Simak info berikut!

12008-2012

22012-2015

maxresdefault - Selama Ini Taunya Make Aja Pasti, Tapi Udah Tau Belum Sejarahnya Google Play Store?

Perombakan demi perombakan luar biasa dilakukan untuk Google Play Store di masa ini. Contohnya saja dirilisnya Google Gift Card untuk memudahkan pengguna untuk membeli konten digital tanpa kartu kredit.

Baca Juga  Tahukah Kamu, Ternyata Hitler Tak Suka Rokok dan Alkohol

Di tahun 2014, tepatnya bulan Mei Google memberikan perubahan terkait informasi tentang setiap konten digital, seperti rating dan ukuran file. Dan di bulan Juli tampilan Play Store dirubah dengan sentuhan Material Design.

Maret 2015, Google memutuskan untuk memisahkan penjualan hardware di Play Store. Sehingga yang dijual benar-benar hanya konten digital saja. Dan pada bulan Oktober, tampilannya mulai ditata kembali dan membagi konten dalam kategori Apps & Games dan Entertaiment, serta dibuatnya banner untuk menampilkan promo-promo terbaru.

32016-2017

bagofapps - Selama Ini Taunya Make Aja Pasti, Tapi Udah Tau Belum Sejarahnya Google Play Store?

April 2016, ikon di Google Play Store didesain ulan sehingga selaras dengan tampilan barunya. Di bulan Mei, Google menyatakan bahwa Google Play Store beserta aplikasi Android akan tersedia di Chrome OS. Chrome OS itu sendiri merupakan OS buatan Google untuk perangkat Laptop beserta PC (anggaplah itu serupa Windows dengan tampilan ala Android). Dan di awal tahun 2017 mereka menegaskan kembali bahwa hal tersebut akan segera terealisasi.

Selain itu Google terus mempercantik “tokonya” itu agar mudah diakses berbagai kalangan. Meningkatkan sistem keamanan agar tidak ada aplikasi mengandung malware. Serta berusaha melacak developer yang curang dengan membuat review palsu dan jumlah unduhan imitasi. Membuat program early access, serta mengubah tampilan di daftar unduhan menjadi lebih lite.

Akhir kata, berterima kasihlah dengan Google Play Store ini. Jumlah aplikasinya kini telah mengalahkan App Store (milik iOS). Namun sayangnya malware masih merajarela di toko yang kita cintai ini. Semoga Google akan terus membenahinya.

Baca Juga  Pong Tiku: Tegas Bernyali Pertahankan Harga Diri

Seiring jaman, sekarang selain google play store banyak juga gan penyedia aplikasi alternatif lainnya yang bisa agan nikmatin. Sebut saja Gudangapp, Jalantikus, dan yang rame seperti 9Apps karena banyak banget event gregetnya dan tentu aplikasi yang disediakan 9Apps ini gratis tentunya! Terbaru ini saja, doi kerja sama dengan game FPS seperti Crisis Action ngadain tournament yang bisa agan cek info lengkapnya dimari (SF Games News & Events di Kaskus).

545444 20170310074433 - Selama Ini Taunya Make Aja Pasti, Tapi Udah Tau Belum Sejarahnya Google Play Store?

Keren loh, agan bisa meraih uang dengan total 200jt lebih sekaligus mendapatkan kesempatan untuk main game bareng Youtubers terkenal seperti Rezaoktavian dkk! Dan ini ekslusif digelar oleh pihak 9Apps dengan Official Crisis Action! Keren kan? Kuy Download gamenya & bunuh semua lawan agan sekarang!!

Demikian sekelumit kisah awal berdirinya Google Play Store yang berkembang hingga kini. Google Play Store kini bukan hanya penghias dalam Android, namun kini sudah menjadi bagian yang vital bagi penggunanya.