Ular tangga, siapa yang tidak tahu permainan yang satu ini. Permainan ini telah menjadi permainan wajib di kehidupan masyarakat diseluruh penjuru dunia bahkan dimainkan beberapa generasi. Permainan ular tangga sebenarnya terinspirasi sebuah model permainan dari India yang bernama Vaikuntapali

Di India permainan Vaikuntapali ini sangat populer, karena permainan ini berhubungan erat dengan pendirian orang-orang Hindu yang berkaitan dengan karma, takdir, dan keinginan. Pada awalnya Vaikuntapali berfungsi sebagai alat untuk mengajarkan moralitas dan spiritualitas.

ecaee922269af6e40c30fb1fe1f0c55e - Game Jadul Jaman Doloe ULAR TANGGA, Udah Tau Belum Kamu Sejarahnya?
Sumber : pinterest.com

Pada versi Vaikuntapali, menaiki tangga itu untuk menggambarkan para pemain memiliki nilai perbuatan pencerahan dan baik. Sedangkan untuk gambar ular sendiri menggambarkan kejahatan yang akan membawa kerugian spritual.

Pembelajaran yang ditekankan yang diperoleh dalam permainan ini adalah seseorang mampu mencapai keselamatan atau moksha dengan cara berbuat baik, sedangkan dengan melakukan kejahatan maka beban akan diteruskan untuk kehidupan selanjutnya yang berefek menurunnya kasta seseorang dalam kehidupannya kelak.

paramapadam - Game Jadul Jaman Doloe ULAR TANGGA, Udah Tau Belum Kamu Sejarahnya?
Sumber : hindu-blog.com

Saat India dan Inggris menjadi koloni, saat itu era pemerintahan Ratu Victoria permainan Vaikuntapali dibawa ke Inggris ketika akhir abad ke-19. Disana permainan Vaikuntapali disebut Paramapada Sopanam yang mana mempunyai arti The Ladder to Salvation. Tetapi ketika sudah  diInggris orang-orang disana mengubah beberapa bagian dalam permainan ini.

Hingga saat ini permainan ini masih digunakan sebagai alat untukmengajarkan tentang kebaikan dan karma.

- Sponsored -