Samsung secara resmi meluncurkan smartphone flagship terbarunya, yakni Samsung Galaxy S8 dan S8+ dalam acara bertajuk Unpacked 2017 di David Gaffen Hall, Lincoln Center, New York, Amerika Serikat. Banyak hal menarik yang dihadirkan pada kedua smartphone terbaru ini, mulai dari spesifikasi hardware hingga fitur yang dimilikinya.

Samsung Galaxy S8 dan S8+ mengusung konsep Infinity Display yang memungkinkan layarnya seolah tidak memiliki bezel sama sekali. Kedua smartphone ini sama-sama memiliki layar lengkung di kedua sisinya yang berteknologi Super AMOLED dan beresolusi 2.960 x 1.440 piksel dengan aspect ratio memanjang 18,5:9.

galaxy s8 black 2 - Review Smartphone Samsung Galaxy S8, Hadir Dengan Layar Yang Mewah

Perbedaan utamanya ada pada layar. Samsung Galaxy S8 berlayar 5,8 inci dan Samsung Galaxy S8+ berlayar 6,2 inci. Meski begitu, bodi kedua smartphone ini masih lebih ramping dibandingkan Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge. Untuk meminimalisir terjadinya goresan, Samsung telah menyematkan kaca antigores Corning Gorilla Glass 5 pada keduanya.

Sementara itu, kedua jagian Samsung ini telah mendukung HDR 10 tapi tidak mendukung Dolby Vision. Samsung dan Amazon telah bekerjasama untuk menghadirkan konten yang mendukung HDR. Untuk tombol Home fisik secara resmi dihilangkan dan digantikan dengan tombol super sensitif sehingga penggunanya dapat mengakses tombol back, home, dan recent apps bahkan pada area layar. Samsung mengklaim bahwa tombol ini lebih sensitif dibandingkan 3D Touch milik Apple.

Selain itu, Samsung menghadirkan satu tombol baru pada Galaxy S8 dan S8+ yang berfungsi untuk mengaktifkan asisten digital terbaru buatannya yang bernama Bixby. Asisten digital yang satu ini merupakan kombinasi dari kecerdasan buatan dan Application Programming Interface (API) yang terbuka untuk bisa dikembangkan oleh pihak ketiga.

samsung galaxy s8 and s8 plus hands on aa 23 of 32 840x473 - Review Smartphone Samsung Galaxy S8, Hadir Dengan Layar Yang Mewah

Bixby telah diintegrasikan dengan aplikasi smartphone lainnya sehingga pengguna kedua smartphone ini dapat menginstruksi perintah lewat suara ke asisen digital ini pada saat sedang menggunakan aplikasi tertentu. Asisten digital ini akan lebih bertenaga dibandingkan Siri maupun Cortana karena Samsung akan mengintegrasikannya dengan perangkat Internet of Things sehingga memudahkan penggunanya dalam beraktivitas. Bahkan Bixby akan memudahkan penggunanya dalam bertransaksi digital.

Baca Juga  Review Smartwatch Samsung Gear S3, Standart Militer Loh!

Dapur pacu dari Samsung Galaxy S8 dan S8+ akan dipercayakan pada Qualcomm Snapdragon 835 octa-core (4x 2,35 GHz Kryo & 4x 1,9 GHz Kryo) atau Exynos 8895 octa-core (4x 2,3 GHz & 4x 1,7 GHz) yang sudah mendukung kecepatan download 4G-LTE hingga 1 Gbps. Nantinya varian Qualcomm Snapdragon 835 akan hadir khusus Amerika Serikat dan varian Exynos 8895 akan hadir untuk global, termasuk Indonesia.

Untuk mengimbangi kemampuan prosesornya, kedua smartphone flagship Samsung ini akan dibekali RAM 4 GB dan pebnyimpanan internal 64 GB yang dapat ditambahkan microSD hingga 256 GB. Khusus di Cina dan Korea Selatan, dikabarkan Samsung akan menghadirkan varian RAM 6 GB ditambah penyimpanan internal 128 GB.

Sequence 64Still001 - Review Smartphone Samsung Galaxy S8, Hadir Dengan Layar Yang Mewah

Baterai yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S8+ memiliki kapasitas 3.500 mAh yang lebih besar dibandingkan Samsung Galaxy S8 dengan kapasitas 3.000 mAh. Tentunya kapasitas baterai ini telah disesuaikan sesuai dengan ukuran lebar layar dari keduanya. Selain itu, fitur Samsung Adaptive Fast Charging telah dihadirkan untuk mendukung pengisian daya baterai dengan sangat cepat. Fitur Fast Wireless Charging juga telah dihadirkan, baik WPC maupun PMA.

Hampir sama dengan smartphone Galaxy S7 tahun lalu, Samsung Galaxy S8 dan S8+ telah memiliki sertifikat IP68 yang membuktikan bahwa telah tahan terhadap debu dan air hingga kedalaman 1,5 meter dengan waktu maksimal 30 menit. Tentunya hal ini memungkinkan penggunanya bisa memotret di dalam air.

Baca Juga  Review Smartphone OPPO F1S, Smartphone Menengah Dengan Kamera Mantap!

Fitur lain yang menarik dari kedua smartphone ini adalah fingerprint, iris scanner, dan face recognition. Ketiganya dapat digunakan untuk membuka kunci smartphone, mengakses internet, transaksi digital menggunakan Samsung Pay, dan mengamankan folder dengan dukungan teknologi keamanan Samsung Knox2. Sayangnya penempatan sensor fingerprint agak aneh karena terletak di sisi kanan kamera utamanya.

Samsung Galaxy S8 - Review Smartphone Samsung Galaxy S8, Hadir Dengan Layar Yang Mewah

Soal fotografi, Samsung Galaxy S8 dan S8+ menggunakan kamera belakang 12 MP Dual-Pixel dengan aperture f/1.7, Phase Detection Autofocus, OIS, Auto HDR, dan LED flash yang mengalami peningkatan pada software kameranya. Selain itu, kamera depannya memiliki resolusi 8 MP dengan Autofocus, dual video call, face recognition, dan Auto HDR.

Tak ketinggalan, pilihan versi single-SIM atau dual-SIM, 3D Touch pada tombol home, NFC, port USB Type-C, jack audio 3,5mm, dan sistem operasi Android 7.0 Nougat telah hadir dalam kedua smartphone ini. Nantinya Samsung Galaxy S8 dan S8+ akan mulai dijual di Amerika Serikat pada tanggal 21 April 2017 dan Eropa pada tanggal 28 April 2017.

Samsung akan membanderol Galaxy S8 dengan harga mencapai US$750 atau sekitar Rp10 juta untuk pasar Amerika Serikat dan 809 Euro atau sekitar Rp11,6 jutaan untuk pasar Eropa. Sementara Galaxy S8+ akan memiliki harga US$850 atau sekitar Rp11,3 jutaan untuk pasar Amerika Serikat dan 909 Euro atau sekitar Rp13 jutaan untuk pasar Eropa.

Galaxy S8 2 5 - Review Smartphone Samsung Galaxy S8, Hadir Dengan Layar Yang Mewah

Dalam paket penjualannya sendiri, pembeli Samsung Galaxy S8 dan S8+ akan mendapatkan headphone berkualitas AKG, Gear VR dengan motion controller (khusus pre-order), dan Samsung DeX dock yang memungkinkan kedua smartphone flagship ini dapat menjadi komputer desktop mirip seperti fitur Continuum yang dihadirkan pada Lumia 950 dan 950 XL dulu.