Langsung simak Review Oppo F1S

OPPO memang dikenal luas sebagai rajanya camera phone lewat seri “Selfie Expert” terbaiknya. Setelah menghadirkan OPPO F1, selang beberapa bulan kemudian OPPO merilis F1 Plus dengan spesifikasi yang lebih tangguh. Dua smartphone ini mendapat respon yang baik di pasaran, bahkan seri F1 mengantarkan OPPO mencapai target penjualan 1 juta unit smartphone hingga akhir Agustus 2016.

Melanjutkan kesuksesannya, OPPO kemudian merilis lini “Selfie Expert” terbarunya, yaitu OPPO F1s, di Indonesia. Smartphone ini menjadi pengganti dari OPPO F1 yang sudah tidak diproduksi lagi. Menariknya, OPPO F1s punya fitur kamera setara dengan seri F1 Plus, tetapi dibanderol dengan harga lebih terjangkau.

Nah, kali ini tim Ngaco berkesempatan merasakan langsung OPPO F1s. Sebagai pembuka, Gadgeter bisa menyaksikan video review OPPO F1s di atas yang menjelaskan secara garis besar. Untuk mengetahui secara lebih mendalam bagaimana performa dan fitur-fiturnya, berikut review OPPO F1s.

1Desain

Review dimulai dari melihat desain OPPO F1s yang sangat mirip dengan OPPO F1 Plus. Keduanya sama-sama punya layar 5,5 inci dan tombol home fisik yang berfungsi sebagai fingerprint sensor. Namun, posisi kamera pada F1s terletak di sebelah kiri sejajar dengan LED Flash.

OPPO masih mempertahankan desain unibody elegan dengan bodi belakang sampai frame berbalut bahan metal halus, tapi ini justru menjadikannya agak licin saat digenggam. Agar smartphone tak tergelincir, kalian bisa pakai silicon case bawaanya. Penempatan tombol volume di sisi kiri dan power di sisi kanan mudah dijangkau meski bodinya terbilang bongsor. Oiya, untuk memasukkan dua nano sim card dan microSD, ada tray di atas tombol power yang bisa dibuka dengan kunci khusus.

OPPO F1s bodi - Review Smartphone OPPO F1S, Smartphone Menengah Dengan Kamera Mantap!

Di bawah layarnya terdapat tombol capacitive back dan recent apps yang responsif lengkap dengan backlight yang terang. Selanjutnya, di bawah bodi ada lubang speaker, port audio 3,5 mm, dan port USB untuk mengisi daya baterai sekaligus port USB OTG. Dibanding dua pendahulunya F1s bisa dikatakan paling berat karena punya bobot 160 gram, tetapi cukup nyaman digenggam.

2Layar dan Antarmuka

OPPO F1s punya layar sentuh IPS 5,5 inci beresolusi 1.280 x 720 piksel (HD) dengan kerapatan 276 ppi. Meskipun berada di bawah F1 Plus yang mengusung Super AMOLED, layar F1s sangat responsif serta memberikan tampilan cerah dan cukup tajam. Selain itu, layarnya sudah dilengkapi dengan proteksi Corning Gorilla Glass 4.

Saat dicoba melihat foto atau video, gambar masih terlihat jelas dari samping. Namun, hal yang sedikit mengganggu adalah saat mengoperasikan smartphone di bawah sinar matahari. Tampilan layarnya agak meredup sehingga kita harus menyesuaikan tingkat kecerahan layar hingga maksimal.

OPPO F1s layar - Review Smartphone OPPO F1S, Smartphone Menengah Dengan Kamera Mantap!

Beralih ke tampilan antarmuka, menu-menunya didesain minimalis tapi terlihat eye catching dipadu dengan Color OS 3.0 terbaru berbasis Android 5.1 Lollipop. Sistem terbaru ini diklaim memberikan kinerja 30% lebih cepat dari Color OS 2.1. Saat dicoba menggeser layar atau perpindahan aplikasi terasa cepat, stabil, dan tanpa lag. Jika bosan dengan tampilan layar, Gadgeter bisa mampir ke menu Theme Store atau mengganti jenis font di menu Setting.

Baca Juga  Review Smartphone Vivo V5 Plus, Pecinta Selfie Wajib Lirik Nih!

Menariknya, OPPO F1s punya fitur-fitur khusus, seperti double tap to lock, double tap to wake, dan gesture control. Sebagai gambaran, misalnya Gadgeter bisa mudah melakukan screenshot layar dengan menyapukan tiga jari ke bawah atau menggambar pola tertentu untuk mengakses aplikasi kamera.

3Sensor Fingerprint

Oppo F1 Plus 1 e1459316175410 - Review Smartphone OPPO F1S, Smartphone Menengah Dengan Kamera Mantap!

OPPO F1s sudah memiliki sensor fingerprint yang sebelumnya tidak ditemukan pada OPPO F1. Pemindai sidik jari terletak pada tombol home. Saat dicoba sensor ini terbilang cepat, diperlukan waktu sekitar 0,22 detik untuk membuka layar.

OPPO juga mengembangkan self-learning technology pada sensor sidik jari. Semakin digunakan maka sensornya semakin akurat. Fingerprint ini bisa dipakai bukan hanya untuk unlock saja, tetapi bisa membuka aplikasi, shortcut untuk menelepon, sampai membuka file yang tak ingin diketahui untuk orang lain. Sayangnya, dalam keadaan layar mati sensor sidik jari tak langsung terbuka jadi harus disentuh disentuh lagi.

4Kamera OPPO F1s

5Performa & Baterai

Di sektor hardware, OPPO F1s dibekali chipset MediaTek 6750 Octa-core yang berkecepatan 1,5 GHz dengan RAM 3 GB. Untuk menyimpan file multimedia dan aplikasi tersedia kapasitas penyimpanan internal 32 GB. Tersedia pula slot kartu microSD yang bisa disisipi memori hingga 128 GB.

Baca Juga  Review Smartwatch Samsung Gear S3, Standart Militer Loh!

OPPO F1s game edited - Review Smartphone OPPO F1S, Smartphone Menengah Dengan Kamera Mantap!

OPPO F1s tak mengalami masalah atau lag saat dipakai untuk multitasking. Misalnya ketika diuji menggunakan aplikasi navigasi sambil streaming musik atau digunakan bermain game Sniper 3D terus-menerus, bodinya tak terasa panas. Kualitas audio OPPO F1s jug memuaskan cukup memuaskan dan suara yang dihasilkan melalui earphone bawaan juga nyaman di telinga.

Pengujian performa juga dilakukan dengan aplikasi AnTuTu Benchmark dan Geekbench 4. Skor AnTuTu OPPO F1s mampu meraih skor 41.206, sedangkan pada Geekbench 4 mendapat nilai 641 untuk uji single-core dan 2.478 untuk multi-core.

OPPO F1s benchmark - Review Smartphone OPPO F1S, Smartphone Menengah Dengan Kamera Mantap!

Baterai OPPO F1s juga terbilang tahan lama. Dengan kapasitas 3.075 mAh kinerjanya mampu bertahan hingga 13 jam dengan pemakaian normal. Dibandingkan dua “Selfie Expert” sebelumnya, kapasitas baterainya memang paling besar. Sayangnya, untuk mengisi full dari 10%-100% dibutuhkan waktu lebih dari dua jam karena OPPO memangkas fitur VOOC Flash Charge.

6Kesimpulan

OPPO F1s review header edited - Review Smartphone OPPO F1S, Smartphone Menengah Dengan Kamera Mantap!

Setelah pengujian selama seminggu, OPPO F1s terbukti punya kamera depan 16 MP yang handal. Terbukti saat dicoba digunakan untuk selfie hasilnya tetap cerah sekalipun dalam kondisi low light. Kamera belakangnya yang beresolusi 13 MP juga bisa diandalkan dan bisa menghasilkan gambar tajam. Kemampuannya bisa disamakan dengan OPPO F1 Plus.

Performa OPPO F1s juga berjalan lancar saat digunakan untuk multitasking atau bermain game, serta bodinya tidak cepat panas. Performa baterainya juga lebih baik dari OPPO F1 dan F1 Plus. Namun demi menekan harga, OPPO F1s harus rela menggunakan resolusi layar beresolusi HD, chipset kelas menengah, dan absennya fitur VOOC Flash Charge.

Kekurangan tersebut tertutupi dengan adanya fingerprint sensor yang multifungsi dan dukungan jaringan 4G-LTE, ini menjadi salah satu nilai tambah pada OPPO F1s. Bagaimana, tertarik memilikinya? Saat ini OPPO F1s dijual seharga Rp 3.799.000 dan tersedia di jaringan OPPO store seluruh Indonesia. Harga OPPO F1s tentunya sesuai dengan performa dan kinerjanya. Smartphone ini juga cocok buat kamu para vlogger pemula, penggemar selfie, atau pegiat fotografi smartphone yang punya budget tiga jutaan.

7Spesifikasi OPPO F1s

Warna Gold, Rose Gold
Layar IPS 5,5 inci HD (1280 x 720)
Pelindung Corning Gorilla Glass 4
Dimensi 154.5 x 76 x 7.4 mm
Berat 160 gram
Prosesor Mediatek MT6750 Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53
GPU GPU Mali-T860MP2
RAM 3 GB
ROM 32 GB
microSD Ya, hingga 256 GB
Baterai 3.075 mAh mAh
Kamera Utama 13 MP, f/2.2, 1/3.o6 sensor size, phase detection autofocus, LED flash ; video 1080p@30fps
Kamera Depan 16 MP, f/2.0, 1/3.1 sensor size, 1080p, Beautify 4.0
Sistem Operasi Android 5.1 Lollipop
Antar Muka Color OS 3.0
Sensor Fingerprint, ambient light, accelerometer, gyro, compass, proximity
Kartu SIM nano-SIM (4G) & nano-SIM (4G)
Jaringan/konektivitas GSM, HSDPA, 4G-LTE, WiFi, Bluetooth v4.0, microUSB, OTG
Harga Rp 3.799.000