Bunga satu ini memiliki banyak sebutan yang berbeda untuk tiap negara. Sebutan oleh Bangsa Melayu adalah Sundal Malam, sedang Bangsa Astek mengenalnya dengan sebutan omixochiti yang berarti bunga tulang. Berbeda lagi di Negara india bagian timur, bunga ini dikenal dengan ratkirani yang berarti ratu malam. Sedangkan di Singapura, bunga ini dikenal dengan nama xinxio yang artinya tempat ngengat hinggap. Dan di Persia bunga ini dikenal dengan nama maryam.

Bunga sedap malam atau Polianthes tuberosa merupakan tumbuhan hijau yang berasal dari family Agavaceae. Nama tuberosa sendiri menunjukkan jika tanaman ini memiliki umbi (tuber). Bunga yang penuh misteri ini diduga berasal dari Meksiko.

Bila dilihat dari sudut pandang metafisika, bunga sedap malam dianggap sebagai penangkal sihir, santet maupun guna-guna. Satu hal yang menjadikan bunga ini makin mistis yaitu karena aroma wangi sedap malam hanya muncul di malam hari. Jaman dulu, bunga sedap malam atau Yek Lai Siang ini, sering digunakan untuk menenangkan hati saat dalam kondisi berkabung sehingga wajar bila bunga ini sering muncul dalam upacara pemakaman. Bahkan sebagian orang meyakini bahwa wangi bunga yang tercium tersebut menandakan adanya keberadaan makhluk halus ditempat tersebut.

Khasiat Bunga Sedap Malam - Misteri Aroma Bunga Sedap Malam yang Dipercaya Memiliki Aura Mistis

Klasifikasi ilmiah untuk bunga sedap malam adalah; Kingdom: Plantae; Divisi: Magnoliophyta; Kelas: Liliopsida; Ordo: Asparagales; Famili: Agavaceae; Genus: Polianthes; Spesies: Polianthes tuberosa. Saat ini terdapat sekitar 12 spesies yang telah di identifikasi yang berasal dari genus Polianthes.

Tanaman bunga sedap malam dapat tumbuh hingga mencapai 45 cm dan menghasilkan rumpun bunga berwarna putih. Bunga putih ini tidak bermekaran secara bersamaan akan tetapi secara bergantian. Bunga yang letaknya pada bagian bawah akan mekar terlebih dahulu sebelum bunga yang berada di atasnya mekar dan begitu seterusnya secara bergantian. Selain itu, tanaman beraroma wangi ini akan berbunga setelah berumur 4-5 bulan dari masa awal penanaman.

Baca Juga  5 Film Dokumenter Horror Ini Bakal Bikin Jantung Kamu Kelojotan!

Bau wangi bunga ini memiliki kesegaran yang mampu bertahan lama, oleh karena itu bunga beraroma wangi ini biasanya juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk pembuatan parfum. Meskipun telah dipotong, bunga yang menjadi salah satu lambang provinsi Jawa Timur ini kesegarannya mampu bertahan selama 5 sampai 10 hari. Uniknya, setiap bunga yang sudah pernah mekar dan mengeluarkan wangi, maka di kemudian hari tidak akan berbau lagi. Bunga tersebut lantas mati dan digantikan oleh bakal bunga yang baru.

Pada umumnya setiap bunga akan mengeluarkan aroma khas sesuai dengan jenis bunga tersebut. Setiap tumbuhan terkandung minyak atsiri yang terdapat pada daun, batang dan juga bunganya. Ketika bunga mengalami proses mekar maka minyak atsiri yang terkandung didalamnya menguap ke udara sehingga akan tercium bau yang lebih menyengat. Karena bunga berwarna putih ini mengalami proses mekar pada malam hari, itulah sebabnya bau wangi juga keluar diwaktu yang bersamaan.

Cara Menanam Bunga Sedap Malam Agar Cepat Berbunga - Misteri Aroma Bunga Sedap Malam yang Dipercaya Memiliki Aura Mistis

Terdapat beberapa factor yang berpengaruh terhadap proses mekarnya bunga, diantaranya adalah suhu, kelembaban, dan juga cahaya. Bunga berwarna putih ini memiliki pergerakan tumbuhan yang dipengaruhi oleh rangsang gelap atau yang dikenal dengan istilah skototropisme. Hal inilah yang menyebabkan bunga peuh misteri ini mengalami proses mekar pada malam hari. Selain itu ada juga factor lain yang menyebabkan bunga sedap malam mengeluarkan bau wanginya pada malam hari, yaitu akibat reaksi fotosintesis.

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa proses fotosintesis terdiri dari 2 reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Fotosintesis reaksi terang adalah reaksi fotosintesis yang memerlukan bantuan cahaya matahari, sehingga proses fotosintesis ini berlangsung pada siang hari. Sedangkan fotosintesis reaksi gelap adalah reaksi fotosintesis yang tidak memerlukan cahaya matahari, tetapi memerlukan karbondioksida, sehingga proses fotosintesis ini berlangsung pada malam hari.

Baca Juga  Buat Kamu Yang Pengecut, Gak Usah Mainin Deretan Game Seram Ini Deh!

Nah, sedangkan bunga sedap malam termasuk salah satu tumbuhan yang mengalami proses fotosintesis pada malam hari sehingga itulah yang menyebabkannya mengeluarkan bau wangi pada malam hari juga. Jadi, jika kamu mencium wangi bunga ketika malam hari, tidak perlu takut ya,,

Namun praktik-praktik supranatural yang berhubungan dengan alam gaib dan hantu masih sangat lekat di masyarakat kita. Beberapa bunga dihadirkan sebagai media untuk memangil makhluk halus dalam ritual supranatural, termasuk salah satunya adalah sedap malam. Dan sampai saat ini belum ada alasan ilmiah mengapa bunga ini bisa menarik hantu.

Bunga Sedap Malam - Misteri Aroma Bunga Sedap Malam yang Dipercaya Memiliki Aura Mistis

Kepercayaan ini sudah ada dan berkembang sejak dulu dan bahkan tidak tertelan oleh zaman sehingga tetap lestari sampai saat ini. Sejumlah penelitian memang menunjukkan bahwa Bunga Sedap Malam memiliki efek relaksasi. Termasuk untuk meningkatkan daya kreatifitas seseorang. Beberapa hasil penelitian bahkan menunjukkan bahwa aroma wangi sedap malam juga dapat menaikkan gairah seksual.

Sebaliknya, di Jepang dan Hawaii, sedap malam dianggap sebagai bunga pertanda cinta. Makanya tidak heran bila di kedua tempat tersebut, sedap malam lazim muncul dalam upacara pernikahan.Lain di Jepang, lain pula di India. Masyarakat sana menyebutnya sebagai Rajanigandha dan dianggap mengandung nektar yang dapat memberikan kekuatan magis terhadap siapapun yang menghirup aroma wanginya.

- Sponsored -