Tips Survival: Bagaimana Caranya Mendapatkan Air Bersih di Hutan?

0
73
mendapatkan air di hutan
Loading...

Seorang petualang seperti Tim SAR, Pendaki Gunung Dan Pecinta alam tentunya sering melakukan pengembaraan ke tempat tempat yang mungkin baru dan menantang seperti Hutan, Gunung dll, dan tentunya kekurangan persediaan air minum senantiasa di alami.

Pada saat persediaan air minum yang di bawa sudah habis atau sangat minim sedangkan tujuan masih jauh dan tidak tahu (jauh) ada dimana menemukan sungai atau sumber mata air untuk menambah bekal air minum, lalu apa yang harus kita lakukan???

Yang harus di lakukan bagi seorang pengembara, seperti , tim SAR dan pendaki gunung untuk bertahan hidup di tengah hutan atau padang rumput ketika persediaah bekal air minum habis atau minim adalah mejaga tubuh agar tidak gampang mengeluarkan yang berlebihan sembari mencari sumber air sementara di sekeliling .Hal ini bertujuan agar rasa haus tidak cepat kita rasakan.

Baca Juga  Tips Survival: 6 Cara Simpel Untuk Menyelamatkan Hidup Di Gurun

Ada Beberapa cara untuk mendapatkan air minum di hutan yang harus kamu lakukan versi majalah pramuka Tunaskelapa :

  • Dari tanaman atau pohon seperti pisang, rotan, bambu muda, kantung semar, enau, nipah, umbi-umbian, akar-akaran, pakis, kaktus, kelapa.
  • Mengumpulkan embun pagi dengan menggunakan saputangan bersih.
    Caranya, resapkan pada tumbuhan yang berembun lalu peras ke dalam tempat minum.
  • Tanah batu
  • Tanah kapur lebih banyak mata airnya, sebab kapur mudah dilarutkan sehingga terbentuk saluran air.
  • Sepanjang dinding lembah yang memotong lapisan berpori.
  • Pada daerah berbatu granit. Carilah bukit berumput hijau, kemudian galilah.
  • Tanah gembur, di tanah gembur air mudah di dapat. Carilah daerah lembah, karena permukaan air dekat dengan permukaan tanah.
  • Kondensasi Tanah-Pohon atau Penyulingan Air.
    Kondensasi yaitu dengan adanya perbedaan suhu antara tanah dengan pohon, kita dapat memperoleh air murni yang merupakan hasil proses kondensasi, diperlukan alat yang sangat sederhana, yaitu plastic dan tali pengikat.
  • Penyulingan.
    Carilah pohon yang sehat dan bersih, lalu carilah dahan ranting yang mudah dicapai dan masukkan plastic (jangan bocor) kemudian ikat dengan tali atau benda apa saj. Keadaan tersebut akan menyebabkan terjadinya proses penguapan air minum.
Baca Juga  Tips Survival: Kelaparan Boleh, Tapi Jangan Asal Memakan Apapun Yang Ada di Alam Bebas!

Carilah pohon yang bersih dan timbuhnya di atas tanah yang tidak berbau. Galilah tanah sehingga membentuk cekungan, tapi jangan terlalu dalam dari tempat pohon tumbuh. Masukkan plastic dan atur sedemikian rupa agar air terapung dengan baik.

Lalu ikat ujungnya (hingga menutupi seluruh tanaman) dan gantung pada batang kayu yang disangga dengan baik. Cara ini akan menyebabkan terjadinya penguapan yang menghasilkan air yang bisa kita manfaatkan untuk minum.

- Sponsored -
Loading...