Jatuh cinta adalah isyarat bagi dua orang untuk melakukan suatu ikatan dalam hubungan, mereka memiliki rasa yang sama satu dengan lainnya, yaitu menghargai dan menyayangi.

Cinta yang lama itu pun bisa jadi terkikis, dan pada saat tertentu rasa itu akan hilang. Salah satu atau bahkan kedua pihak tidak ada lagi rasa menghargai atau menyayangi. Ada kalanya Anda merasa kurang sreg dengan si dia dan berpikir keras bagaimana caranya memutuskan hubungan.

Dilansir Independent, Joanne Davila dalam buku “The Thinking Girl’s Guide to the Right Guy” mengungkapkan lima langkah memutuskan hubungan dengan si dia

Pikirkan berapa lama kalian berkencan

relationship advice cover 2 - Bingung Mau Putusin Pacar? Coba Beberapa Tips Ini!

Semakin lama jalinan asmara, tentu Anda harus lebih hati-hati dalam menjelaskan bahwa sudah kalian lebih cocok hanya berteman. “Semakin dalam perasaan, Anda harus memutuskannya dengan cara yang benar.” Ia berpendapat 10  kali berkencan adalah permulaan dari hubungan yang serius, maka bila ingin putus lakukan dengan cara yang benar. Namun, bila baru berkencan sekali, Anda bisa bersikap lebih santai untuk meninggalkannya bila memang merasa tidak cocok. Kecuali Anda melakukan hal seperti Ted Mosby dalam “How I Met Your Mother”, mengutarakan cinta pada kencan pertama.

Baca Juga  Beneran Makan Ayam Bikin Kamu Gemuk?

Tak perlu menyebutnya “Putus”

putus - Bingung Mau Putusin Pacar? Coba Beberapa Tips Ini!

Davila mengatakan Anda tak perlu menyebutnya berakhirnya hubungan kalian sebagai “putus”. Bisa saja Anda menganggapnya seperti ini, “Aku senang bersama denganmu, tapi aku sadar bahwa itu bukan yang kumau. Aku tidak tahu apakah kamu merasakan hal yang sama, tapi aku ingin memberitahumu agar kita bisa sama-sama melanjutkan hidup.” Davila menambahkan, lebih baik utarakan itu dalam pesan singkat dalam bahasa kasual ketimbang tidak sama sekali.

Jangan menghilang seperti hantu

Insecure - Bingung Mau Putusin Pacar? Coba Beberapa Tips Ini!

Jangan menghilang begitu saja seperti makhluk halus. Itu tandanya Anda menghindar dari perasaan yang penting dan rasa takut. Davila menjelaskan ketika Anda tidak mau berhadapan dengan rasa takut, Anda tidak bealajar bagaimana bersikap asrtif, sesuatu yang dibutuhkan untuk memutuskan seseorang. “Kita juga tidak belajar bagaimana memperlakukan orang lain dengan baik, hal yang diperlakukan untuk putus.” Dan, orang yang Anda tinggal begitu saja bisa merasa “bingung serta tidak jelas” yang bisa melukai harga diri mereka pada hubungan asrama selanjutnya.

Baca Juga  Rumah-Rumah Termahal Sejagad Raya

Jujur

67 - Bingung Mau Putusin Pacar? Coba Beberapa Tips Ini!

Ketika memutuskan hubungan, Anda harus memberinya alasan. Jika Anda diputuskan, Anda pasti ingin tahu alasannya. Namun, bagaimana caranya putus tanpa melukai perasaan si dia? “Bila ada alasan konkret, kita selalu bertengkar, saya tidak suka hubungan seperti itu,” kata Davila. Atau, katakan saja Anda mencari orang yang berbeda. Bilang saja tidak ada yang salah pada diri mereka, hanya saja mereka bukan jodoh Anda. Ini mungkin tak akan memuaskan orang yang Anda putuskan, namun dalam dunia percintaan, mereka harus belajar menerima ini semua.

- Sponsored -