Siswa dan siswi di Indonesia kalau ingin bebas dari ujian nasional sepertinya harus pindah ke Finlandia. Karena Negara satu ini tidak mengadakaan ujian semester dan ujian nasional. Di Finlandia, evaluasi belajar secara nasional dilakukan tanpa ada intervensi pemerintah. Setiap sekolah dan guru berkuasa penuh untuk menyusun kurikulumnya sendiri.

Di negara ini, siapa pun presiden dan menteri pendidikannya tidak akan berpengaruh signifikan terhadap masa depan pendidikan. Karena fungsi pemerintah dalam memajukan sektor pendidikan adalah dukungan finansial dan legalitas. Hasilnya, angka ketidak lulusan secara nasional di Finlandia sangat lah kecil.

Beda Finlandia, beda Indonesia. Ujian Nasional di Indonesia merupakan salah satu bentuk mandated examination yaitu ujian yang diamanatkan atau di bawah pengawasan, yang didesain untuk menggambarkan tingkat pencapaian keseluruhan sistem pendidikan, bukan untuk pencapaian individu tertentu.

Di Indonesia, pelaksanaan ujian nasional tercatat telah beberapa kali mengalami perubahan sistem ujian. Alasan utama adalah evaluasi dan penyempurnaan sistem ujian nasional (negara) yang terus dilakukan agar tingkat pencapaian keseluruhan sistem pendidikan dapat lebih baik lagi.

- Sponsored -