Kategori: Gaya Hidup

Menjalani Puasa Penuh 30 Hari Tanpa Bolong, Apa Yang Terjadi Dengan Tubuh Kita?

Bulan Ramadhan akan datang dalam beberapa hari lagi, dan umat muslim akan menjalani ibadah puasa selama satu bulan lamanya. Lalu apa yang terjadi pada tubuh kita menurut Ahli Gizi?

Dilansir dari Aura (Tabloid Bintang) dan Khalifa University, ini kata para pakar :

Hari Pertama dan Kedua, Tubuh Akan Terasa Lemas

Pada awal menjalani ibadah puasa, biasanya tubuh akan diserang rasa lapar yang intens hingga tubuh merasa lemas. Kondisi ini normal dan biasanya dialami pada hari pertama dan kedua.

Hari ke 3-7, Detoksifikasi dan Imun Tubuh Meningkat

Seminggu setelahnya tubuh akan menggunakan cadangan lemak sebagai energi hingga sistem imun meningkat. Memasuki minggu kedua, detoksifikasi alami tubuh berjalan dengan efisien.

Di Minggu Ketiga dan Keempat, Tubuh Memperbarui Jaringan yang Rusak

Pada minggu-minggu terakhir, tubuh telah mampu beradaptasi dengan keadaan puasa. Hasil detoksifikasi membuat tubuh memperbarui jaringan yang rusak. Membuang racun-racun di dalam tubuh, menyembuhkan luka lama dan membangun sel-sel baru. Detoksifikasi meliputi hati, ginjal, paru-paru, usus besar, kelenjar getah bening, mengeliminasi sel-sel kulit mati atau menetralisir racun.

Proses ini berjalan cepat selama puasa, mengikuti tubuh yang membuang lemak-lemak. Zat-zat kimia dan racun yang diserap dari makanan dan lingkungan akan terbuang selama puasa

Tekanan Darah Turun dan Menghasilkan Anti-Oksidan

Pada periode detoksifikasi, ginjal merilis garam dan air di dalam proses yang disebut diuresis, sehingga Agan akan menyadari adanya peningkatan jumlah produksi urin. Hal ini sebaliknya akan mengurangi tekanan darah. Proses lainnya yang akan meningkat di dalam tubuh salah satunya adalah rilisnya hormon anti penuaan dini.

Kinerja Pencernaan Meningkat

Sistem pencernaan sering mengalami kepenuhan, dan tidak henti-hentinya bekerja. Saat bulan puasa sistem pencernaan membersihkan dirinya sendiri lebih efisien dan menyerap nutrisi lebih baik. Lapisan perut dan usus dibiarkan mengembalikan kelenjar dan otot, dan membuang kotoran.

Namun, untuk memudahkan proses tersebut, ahli gizi dari Slim Gourmet Catering Desy Nur Arista menyarankan untuk melakukan persiapan 1-2 minggu sebelumnya. Mulai dengan menambah sedikit porsi makan agar tubuh terbiasa makan lebih banyak.

“Selain itu, tingkatkan durasi tidak makan dan minum sembari mengurangi camilan,” ujarnya dalam diskusi media bersama SaladStop! pada Selasa (9/5) di Jakarta.

Untuk Agan yang jarang mengonsumsi makanan sehat, perbanyak variasi buah dan sayur beberapa hari menjelang puasa. “Usahakan juga diri tetap sibuk agar pikiran tidak melulu tertuju pada makanan,” imbuhnya.

Desy juga memberikan beberapa tip menjalani puasa terutama untuk memenuhi kebutuhan air. Minimum 2 liter air atau delapan gelas sehari tetap wajih dikonsumsi. “Bisa dibagi dua gelas ketika sahur, dua gelas ketika berbuka puasa dan empat gelas sisanya dikonsumsi hingga menjelang tidur,” jelasnya.

Minuman teh dan kopi boleh dikonsumsi selama puasa, hanya saja dianjurkan diminum ketika berbuka puasa. Agar cairan tubuh tidak terbuang akibat teh dan kopi yang bersifat diuretik (memicu produksi air seni).

Ingat Gan, kalau Agan ngerasa gak enak badan selama puasa, jangan segan buat cek ke dokter. Pastikan Agan minum 8 gelas air putih sehari, pelan-pelan sebelum tidur dan saat sahur.

This post was last modified on February 26, 2018, 8:04 pm

Ngaco

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah

Recent Posts

Cek Bagian Penting Mobil Saat Ingin Melakukan Perjalanan Mudik

Mudik dengan naik mobil pribadi masih diminati masyarakat Indonesia. Pasalnya, keluarga bisa lebih leluasa untuk beristirahat dan mampir ke tempat…

Mei 15, 2018 9:46 pm

Penyebab Umur Ban Jadi Cepat Berkurang

Ban menjadi komponen penting dalam kendaraan bermotor. Karena ban yang kontak langsung ke permukaan jalan. Untuk itu, komponen karet hitam…

April 15, 2018 2:28 pm

Promo Mobil Honda Lebaran Idul Fitri 2018

Halo sahabat Honda! Apa kabar? Tidak terasa, sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri 2018 segera tiba! Tentu hal ini merupakan…

April 8, 2018 10:35 pm

Sering Gila Karena Lag Saat Main Game di Mobile? Ikuti Tips-Tips Ini Ngaco’ers!

Balik lagi nih ama ane, setahunsudah! Yey yey! Lagi pusing mau nulis apaan, jadi iseng aja lah ya kali ini…

April 3, 2018 11:06 pm

Telkomsel Menjawab Keluhan Lag Pemain ML / Mobile Legends

Game online menjadi satu andalan Telkomsel dalam menggenjot pendapatan dari layanan data. Salah satu platform game yang didukung Telkomsel adalah…

Maret 30, 2018 11:21 pm

Arena of Valor Umumkan Mekanisme Seleksi AOV World Cup untuk Setiap Tim Nasional

AOV World Championship (AWC) 2018 sendiri akan dilaksanakan pada bulan Juli di Los Angeles, Amerika Serikat. AWC 2018 ini tidak lagi…

Maret 29, 2018 10:11 pm

This website uses cookies.