Para peneliti Disney berhasil mengembangkan sebuah teknologi dimana semua benda logam di suatu ruangan berubah menjadi wireless charger.

Dilansir dari postingan Instagram Infia Tech, tim Disney Research dari Walt Disney Company memperkenalkan teknologi “charging room” wireless yang akan memudahkan kamu ketika mengisi daya smartphone maupun gadget lainnya, tanpa perlu banyak kabel.

logam charger - Logam di Ruangan Bisa Jadi Wireless Charger, Wah Disney Keren!

Ilmuwan berhasil mengonversi seluruh ruangan menjadi charger nirkabel yang dapat mengisi baterai hingga 10 perangkat dalam satu waktu. Ide ini terinspirasi dari Nikola Tesla, yang pertama kali menciptakan sistem penghantar energi listrik nirkabel, Tesla Coil.

Baca Juga  Meskipun Banyak Digunakan, 7 Aplikasi Android Ini Cepat Habiskan Kuota!

Diberi nama quasistatic cavity resonance (QSCR), teknologi wireless charging ini menggunakan medan elektromagnetik yang dihasilkan arus listrik.

Ruangan Disney Research ini dilengkapi dengan dinding aluminium dan tiang tembaga yang menaungi 15 kapasitor (penyimpan energi listrik, seperti layaknya baterai).

Baca Juga  Kasian Teknologi, Selalu Mudah Untuk Disalahkan

Wifi Charger - Logam di Ruangan Bisa Jadi Wireless Charger, Wah Disney Keren!

Sebagai kapasitor yang menghasilkan arus listrik, ini mengalir melalui langit-langit, dinding dan lantai, kemudian kembali lagi ke tiang. Arus listrik menciptakan medan elektromagnetik yang beredar di sekitar tiang dan akan mengisi perangkat di dalam ruangan secara nirkabel.
Penelitian ini secara detail dijelaskan dalam jurnal PLoS ONE yang diterbitkan pada 15 Februari lalu.

- Advertisement -