Demam game MOBA memang tengah merebak di berbagai kalangan masyarakat Indonesia. Bertempur bersama teman menghadapi pemain lain secara realtime, memang sangat menyenangkan sekaligus memacu adrenalin. Saking larisnya, banyak pemain yang sebelumnya belum pernah mencoba, memberanikan diri untuk memainkan game yang punya tingkat kesulitan cukup tinggi ini. Nah sebagai pemula, berikut ini lima hal yang sering mereka lakukan ketika menjajal game MOBA!

Cuma Bisa Satu (Sedikit) Hero

1152 - Lima Hal yang Sering Kamu Lakukan Ketika Baru Belajar Main Game MOBA
Sumber: ingame capture

Hampir semua game MOBA menghadirkan puluhan bahkan ratusan karakter (hero) dengan variasi yang unik. Pastinya butuh waktu lama untuk bisa menguasai semua karakter tersebut. Sangat mustahil dilakukan oleh pemain pemula. Akibatnya mereka hanya memilih satu hero saja yang menurutnya paling keren dan mudah dimainkan. Hal ini terus berlanjut meski mereka sudah mencapai level tinggi. Alasannya sederhana, malas adaptasi hero lagi!

Terfokus Sama Satu Lane Saja

900 - Lima Hal yang Sering Kamu Lakukan Ketika Baru Belajar Main Game MOBA
Sumber: steamcommunity.com

Sebagian besar game MOBA memiliki lebih dari satu lane (jalur). Ini ditujukkan agar tiap pemain dalam tim bisa membagi peran dan tugas sesuai dengan hero yang dipakai. Hal utama yang kita lakukan saat berada di lane tentu mencari EXP dan Gold, serta berusaha untuk menghancurkan Tower lawan. Namun kita juga mesti peka dengan kejadian-kejadian di luar lane. Banyak sekali pemain pemula yang melupakan hal ini, sehingga rekan timnya jadi kesusahan.

Baca Juga  Tips Mobile Legends: Gunakan Hero Kagura Untuk Menghabiskan Musuhmu Menggunakan Payung Ajaib

Hanya Bikin Item Sesuai Rekomendasi

864 - Lima Hal yang Sering Kamu Lakukan Ketika Baru Belajar Main Game MOBA
Sumber: onlinefanatic.com

Ada begitu banyak item di game MOBA yang fungsi dan kegunaannya berbeda sesuai dengan hero yang dipakai. Bahkan satu hero build item-nya bisa bervariasi sesuai dengan situasi kondisi. Tetapi secara garis besar, tiap hero memiliki build item standar. Hal ini kemudian ditampilkan pada layar rekomendasi item. Pemain-pemain pemula biasanya hanya ‘manut‘ mengikuti apa yang sudah disarankan oleh sistem dan takut untuk berkreasi.

Jarang Main Ranked Match

2160 - Lima Hal yang Sering Kamu Lakukan Ketika Baru Belajar Main Game MOBA
Sumber: reddit.com

Ranked Match adalah salah satu mode yang disediakan pada tiap game MOBA. Berbeda dengan Normal Match, pada mode Ranked Match kemampuan bermainmu di sini benar-benar diuji dan dinilai. Bila menang akan mendapat tambahan poin, bila kalah akan mendapat pengurangan poin. Sistem seperti ini membuat pemain yang memilih mode Ranked Matchbermain lebih serius. Pemain pemula biasanya belum siap baik secara skill dan mental. Akibatnya mereka memilih bermain di mode Normal Match saja.

Baca Juga  Tips Mobile Legends: Hero Akai Si Panda Imut Tapi Mematikan!

Kill Banyak = Pamer di Medsos

838 - Lima Hal yang Sering Kamu Lakukan Ketika Baru Belajar Main Game MOBA
Sumber: facebook.com

Satu lagi nih guys, buat mereka yang baru bermain game MOBA, pasti lawan yang dihadapi juga pemain pemula lain. Bisa dibilang cupu ketemu sama cupu. Nggak heran kalau pas lagi kondisi ‘oke’, pemain pemula bisa dengan mudah membantai lawan-lawannya. Kill banyak, mati dikit, bahkan sampai jadi MVP. Merasa udah dewa, pemain-pemain pemula ini kemudian membagikan screenshot permainannya tersebut ke media sosial. Padahal belum tentu mereka sanggup mengulanginya lagi ketika bermain di level yang lebih tinggi!


Nah, dari kelima ciri di atas, mana sih yang paling sering kalian lakuin? Bagikan pengalaman kalian di bawah ya!

Source: DG
- Advertisement -