Edgar Allan Poe, atau lebih dikenal dengan Edward Poe, adalah salah satu sastrawan besar Amerika Serikat. Ia seorang penyair, yang dianggap memberi warna dalam dunia kesustraan di negeri Paman Sam. The Tell Tale Heart, The Gold Bug, The Black Cat, dan Berenice, adalah sederet karya terbaiknya.

Ternyata dibalik kebesaran namanya, sastrawan yang lahir di Massachusetts, Boston, 19 Januari 1809 itu, punya sederet kisah tragis dalam jejak riwayat hidupnya. Dalam buku, ” Tanpa Sekolah tapi Sukses : Anak-anak Otodidak Pengukir Prestasi,” terbitan Maghfirah Pustaka, dikisahkan kisah pahit sudah dialami Edgar Poe sejak usia belia. Pada 1811, ayahnya, David Poe meninggal. Setahun berikutnya, sang ibu, Elizabeth Arnold Hopkins menyusul ke alam baqa.

Jadilah dalam usia belia, Edgar Poe jadi yatim piatu. Bersama dua saudaranya, kemudian dia berpencar mencari kehidupan masing-masing. Sampai kemudian, salah satu saudara, William Poe,  meningal. Pada 1826, Edgar tercatat sebagai mahasiswa di Universitas of Virginia. Tapi, kembali kisah pahit harus dialaminya. Ia dikeluarkan, karena tak mampu bayar uang kuliah.

Kisah cintanya juga tak kalah pahit. Pertama kali, Edgar jatuh cinta pada seorang gadis bernama Elimar Roster. Bahkan sang gadis, telah dilamarnya pula. Tapi orang tua gadis pujaannya itu tak memberi restu. Kembali, Edgar harus menerima nasib pahit. Pernikahan yang sudah direncanakannya itu gagal ditengah jalan.

Pada 1836, Edgar menikah dengan seorang wanita, Virginia Eliza Clemm. Tapi, hanya lima tahun berselang, kembali Edgar harus menerima kenyataan pahit, sang istri meninggal karena penyakit tuberkulosis. Saat menduda, Edgar sempat dekat dengan Sarah Helen Whitman, seorang penulis dan penyair wanita. Lagi-lagi orang tua sang gadis menentang keras. Cinta Edgar pun kembali kandas.

Di penghujung hidupnya, Edgar mengalami depresi. Pada tahun 1848, dikabarkan Edgar sempat berusaha bunuh diri, dengan cara mengurung diri tanpa makan dan minum. Untungnya, ia masih bisa diselamatkan. Baru, setahun berikutnya, tahun 1849, Edgar meninggal dunia dalam keadaan menderita penyakit halusinasi akut.

- Advertisement -