Temen-temen ada yang suka berolahraga dengan sepeda? Jika ada, pas banget nih, kali ini saya akan membahas seputar sepeda. Eits, tapi bukan sepeda biasa loh, sepeda unik ini tidak punya rantai, wah keren ga tuh.. Penasaran? Disimak ya.

Sebelum adanya rantai, sebenarnya sejak dahulu sepeda memang tidak memiliki rantai loh temen-temen. Hanya saja pada saat itu roda penggeraknya dibuat dengan ukuran yang sangat besar, sehingga tempat duduk pengemudi sepeda menjadi sangat lah tinggi temen-temen. hal tersebut tentunya memiliki resiko yang cukup membahayakan bagi pengemudi jika sampai terjatuh. Maka kemudian terciptalah rantai sepeda yang biasa kita pakai sampai saat ini.

Baca Juga  Ajakan Ngopi Bukanlah Ajakan Salat

Namun rantai pun ternyata memiliki kelemahan lain, yaitu terkadang rantai juga sedikit merepotkan karena harus diberi pelumas dan selalu dibersihkan, dan lagi ketika rantai tersebut terkena kaki, maka membuat kaki akan menjadi kotor.

Ada beberapa alternatif dengan menggunakan sabuk atau alternator, namun Sean Chan dari Venice, Florida, Amerika Serikat seorang pencipta sepeda, ternyata memiliki gagasan lain.

Dilansir dari new atlas, sepeda ini bernama ‘Chainless Bike’, yang berarti ‘sepeda tak berantai’. Sepeda ciptaan Sean Chan ini ternyata menempatkan pengendara sepeda duduk dengan berada di atas roda belakang, bukan di tengah.

Bukan hanya itu saja, kemudahan yang bisa temen-temen dapatkan dari sepeda unik ini adalah Rapid Turning System.  Saat diaktifkan, maka roda belakang akan melakukan pivot secara relatif terhadap rangka sebagaimana pivot pada roda depan seperti pada sepeda konvensional atau sepeda biasa.

Baca Juga  Dari Game, Anak Muda Ini Raup Kekayaan Triliunan Rupiah

Dengan kemudahan tersebut, sepeda ini diklaim akan dapat mampu melakukan belokan dengan tajam dan juga beberapa hal lainnya.

Harga yang ditawarkan terhadap sepeda ini dapat dibilang cukup tinggi. Untuk para pendukung permodalan, sepeda tersebut dibanderol dengan nilai USD 799 atau sekitar Rp 10,6 juta. Namun untuk eceran, sepeda ini dihargai dengan USD 1.000 atau sekitar Rp 13,3 juta.

Bagaimana temen-temen? Ada yang tertarik dengan sepeda yang satu ini?

- Sponsored -