Pulau Kalimantan, disinilah ane sedang menginjakkan kaki sekaligus bertahan hidup, tepatnya di Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Ane yakin, semua pasti tentang salah satu Pulau yang termasuk dalam jajaran pulau terbesar di dunia dengan menempati urutan nomor 3 dari Greenland dan Papua. Sebagian orang, mengenal juga Pulau seribu mitos ini dengan julukan Borneo.

Tapi, ane juga pasti yakin banget dah ente-ente pada masih banyak yang mempertanyakan kenapa Pulau Kalimantan kok sebutannya bisa Borneo ya? Wahaha.. Memang sebutan untuk Pulau Kalimantan ini ada beberapa seperti Nusa Kencana, Pulau Banjar, Hujung Tanah dll. Tapi ya emang mayoritas taunya Borneo itu aja..

Sedikit intermezzo…

Kata Kalimantan menurut Prof. Dr. Slamet Mulyana dalam bukunya Sriwijaya (LKIS 2006) Kalimantan atau Klemantan berasal dari bahasa Sanksekerta, Kalamanthana yaitu pulau yang udaranya sangat panas atau membakar (kal[a]: musim, waktu dan manthan[a]: membakar). Karena vokal a pada kala dan manthana menurut kebiasaan tidak diucapkan, maka Kalamanthana diucap Kalmantan yang kemudian disebut penduduk asli Klemantan atau Quallamontan yang akhirnya diturunkan menjadi Kalimantan.

545444 20160722104421 - Kenapa Borneo Bernama Kalimantan? Apa Sebabnya?

5Versi Eropa

Versi pertama yaitu asal-usul yang diberikan oleh orang Eropa gan. Jadi dulu itu orang Eropa sering menyebut Pulau Kalimantan menjadi Borneo. Kenapa? Karena saat orang Eropa beranjak kemari, mereka banyak menemukan pohon Borneol (bahasa latin : Dryobalanops camphora) yaitu pohon yang mengandung terpetin atau bahan yang digunakan untuk antiseptik atau minyak wangi dan kamper. Karena itulah mungkin Pulau Kalimantan diberi julukan Borneo oleh mereka.

4Versi Brunei

Yang kedua, lansiran dari Havoc Weird. Borneo disebut karena pada jaman dulu itu ada salah satu Kerajaan tepatnya di Kalimantan bagian Utara yaitu Kerajaan Brunei Darussalam yang pada saat itu memang sering jadi tempat persinggahan para pedagan eropa gan. Asal agan tahu, saat itu Kerajaan Brunei ini sedang berada di puncak kejayaannya dan merupakan salah satu Kerajaan yang menonjol diwilayah Kalimantan sekitaran abad ke-16. Entah karena kesulitan menyebut nama Brunei atau bagaimana, orang-orang eropa akhirnya menyebut Kerajaan tersebut menjadi Borneo.

3Versi Tingkok

Yang ketiga dikit banget ane dapat bahasannya. Jadi, dulu itu salah satu Kerajaan Tiongkok mengutus salah satu orangnya untuk pergi ke Pulau Kalimantan ini. Nah, dikatakan menurut catatan sang utusan tersebut sekitar abad ke-8 hingga 9 Kalimantan disebut sebagai Po-Po-Li, Po-Ni, atau Bun-Lai. Nah, yang jadi masalah ane kagak nemu sama sekali kemiripan dari ketiga nama di catatan tersebut yang menunjukkan nama Borneo.

Baca Juga  Kuy Ngerasain Yang Seger-Seger Dengan Nyelem di Karimun Jawa!

Mungkin sedikit ada di salah satu nama yang Bun-Lai yang merujuk ke Kerajaan yaitu Brunei yang mungkin memang nama tersebut sudah digunakan pada jaman tersebut. Walau emang tidak adanya yang menunjukkan validnya sebutan tersebut dengan julukan Borneo, tapi paling tidak nambah wawasan agan yak.

2Versi Salah Kaprah

Sepertinya memang pengaruh besar dari orang eropa yak. Jadi dikatakan saat jaman dulu itu gan, orang eropa mengira Pulau Kalimantan ini seluruhnya dikuasai oleh Kerajaan Brunei Darussalam yang sebenarnya saat itu Kerajaan yang berdiri di Pulau Kalimantan ini ada pua yang lain.

Tetapi kemudian ada sedikit komplikasi akibat peristiwa konfrontasi Indonesia/Inggeris-Malaysia permulaan tahun 1960-an kemarin, akhirnya timbul anggapan, bahwa nama pulaunya Borneo, sedangkan nama bagian Indonesianya Kalimantan

1Versi J. Hunt

J. Hunt dalam satu laporan berjudul Sketch of Borneo, or Pulo Kalamantan yang diserahkan pada tahun 1812 kepada Thomas Stamford Raffles, dan pernah dipublikasi dalam lampiran II terbitan: Henry Keppel, 1846, The Expedition to Borneo of H.M.S. Dido for the Suppression of Piracy, vol. 2. London: Chapman & Hall (lih. sana hlm. xvii). yang bisa saya kutip sbb.:

The natives and the Malays, formerly, and even at this day, call this large island by the exclusive name of Kalamantan, from a sour and indigenous fruit so called. Borneo was the name only of a city, the capital of one of the three distinct kingdoms on the island. When Magalhaens visited it in the year 1520, he saw a rich and populous city, a luxuriant and fertile country, a powerful prince, and a magnificent court: hence the Spaniards hastily concluded that the whole island, not only belonged to this prince, but that it was likewise named Borneo.

Keterangan ini mengandung beberapa kekeliruan, yaitu (a) yang berbuah kecut itu bukan pohon setempat yang bernama kalamantan, melainkan yang bernama berunai; (b) waktu ekspedisi pelayaran kitar bumi yang dipimpin oleh Magellan mencapai Berunai, beliau sendiri sudah mati, karena tewas dalam pertempuran dengan orang Sugbu (Cebuano) di Filipina, sedangkan yang melaporkan kedatangan di Berunai itu Anthonio Pigafetta yang menulis buku harian (di mana nama kesultanan ditulis Burné). Tetapi keterangan utama mengenai penamaan pulau itu tepat.

Baca Juga  Paket Lengkap Buat Berlibur Nih, Pantai Yang Ada Air Terjunnya!

Udah tau kan kira-kira dari beberapa sejarah yang diceritakan diatas bagaimana pengaruh paling besar asal usul nama Borneo ini? Nah, sekarang yang kulas sedikit tentang Kota-kota yang berada diKalimantan gan. Ane pernah ngasitau ke orang kalau posisi ane di Samarinda dan yang menyakitkannya orang tersebut malah nanya, dimana itu? Sumpah gan, rasanya gimana gt ya, sebegitu asingnya kah ya Samarinda sebagai Ibu Kota Kalimantan Timur. Ada lagi, menurut ane kala itu dan tidak terkecuali Kota yang lain.

Ga cuma sampai disitu gan, sampai sekarang ane masih sering denger kisah tentang orang dari pulau yang lain yang mengatakan takut pergi ke Kalimantan karena keterkenalan Suku Dayak yang mayoritas berada di Pulau Kalimantan. Tenang gan, jangan pernah takut sama orang Kalimantan, orang-orangnya g seperti yang agan kira.

Ga ada yang makan orang disini, ane rasa semua wilayah berlaku ketentuan yang sama. Selama agan tidak membuat onar, tentu g bakal ada yang mempermasalahkan. Dan hal itu juga pasti berlaku bagi kami yang mungkin hijrah kesana dengan alasan mayoritas pendidikan yang mungkin sedikit lebih maju disana ketimbang di Kalimantan.

Kota yang berada di Kalimantan ini juga ga kalah Indah kok gan. Ga percaya? Pernah dengar Pulau Derawan? Danau Dua Rasa? Tugu Katulistiwa? Beratus Hutan Tropis Yang Eksotisnya Luar Biasa? Orang Utan? Air Terjun Mananggar? dan masih banyak lagi potensi wisata yang berada di Kalimantan ini gan.

Itu baru tempat wisata, belum lagi kalau ane masukkan tentang budayanya, sukunya, atau mungkin kulinernya? Ga bakal muat ini trit gan kalau dibahas wkwkkw.. Ups, mungkin dengan sedikit preview dari beberapa destinasi wisata yang bisa agan lihat dibawah ini bakal membuat agan sedikit ngiler.. Liat aja deh..
** NO BWK

Pulau Maratua, Kalimantan Timur

545444 20160722112514 - Kenapa Borneo Bernama Kalimantan? Apa Sebabnya?

545444 20160722112548 - Kenapa Borneo Bernama Kalimantan? Apa Sebabnya?

Pulau Derawan, Berau, Kalimantan Timur

545444 20160722101420 - Kenapa Borneo Bernama Kalimantan? Apa Sebabnya?

Islamic Center, Samarinda, Kalimantan Timur

545444 20160722102130 - Kenapa Borneo Bernama Kalimantan? Apa Sebabnya?

Pulau Kumala, Tenggarong, Kalimantan Timur

545444 20160722102219 - Kenapa Borneo Bernama Kalimantan? Apa Sebabnya?

Danau Dua Rasa, Biduk-Biduk, Kalimantan Timur

545444 20160722102043 - Kenapa Borneo Bernama Kalimantan? Apa Sebabnya?

Bukit Penjamur, Bengkayang, Kalimantan Barat

545444 20160722102401 - Kenapa Borneo Bernama Kalimantan? Apa Sebabnya?

Air Terjung Mananggar, Kalimantan Barat

545444 20160722102502 - Kenapa Borneo Bernama Kalimantan? Apa Sebabnya?

gimana? itu masih sedikit banget gan yang ane kasih pripiew, masih banyak lagi di Kalimantan ini mah kalau mau dikuak semua potensinya.. Tapi ane ga berani terlalu menguak, nantik dirusak ama para alay wahahahah