Siapa yang bisa mengira bahwa karya nyeleneh justru bisa mengharumkan nama bangsa dan negara. Nyeleneh artinya tidak normal atau tidak biasa, tidak banyak orang memikirkan tentang mendapatkan ide nyeleneh.

Namun beberapa anak bangsa dibawah ini mampu membuktikan kemampuannya membuat alat-alat penemuan baru dengan pemikiran nyelenehnya bahkan menjadi juara di ajang Internasional sebagai perwakilan negara Indonesia.

1Sepatu Anti Tindakan Asusila

031892900 1461672915 IMG 20160426 151018 - Walaupun Nyeleneh, Tapi Beberapa Karya Anak Bangsa Ini Tetap Greget Banget Ya!

Karya nyeleneh yang pertama adalah sebuah karya dari anak SMP Negeri 1 Bogor Hibar Syahrul Gafur. Ia merancang sepatu anti tindakan asusila yang didesain untuk kaum hawa (perempuan) agar terlindungi dari tindakan kekerasan asusila di tempat umum yang marak jadi bahan pemberitaan.

Sepatu tersebut dapat mengalirkan listrik sampai 450 volt, cara kerjanya adalah apabila ada orang berbuat jahat kemudian si pengguna anggap saja menendang pelaku kejahatan maka orang tersebut akan tersengat dan terpental seperti cara kerja alat penyengat nyamuk. Berkat karyanya tersebut Hibar meraih medali emas dalam ajang Exhibition Of Young Inventors 2013 di Kualalumpur, Malaysia.

2Alat Pendeteksi Warna Daun (Digital Leaf Color Chart)

Indonesia Berjaya di Intel International Science and Engineering Fair ISEF 2012 articleimage - Walaupun Nyeleneh, Tapi Beberapa Karya Anak Bangsa Ini Tetap Greget Banget Ya!

Seorang siswa SMA Negeri 1 Bogor bernama M.Luthfi Nurfakhri mampu menciptakan teknologi digital ramah lingkungan yaitu alat pendeteksi warna daun. Cara kerja DLCC cukup sederhana yaitu menggunakan fototransistor yang bisa mendeteksi warna daun padi. Kemudian tempelkan alat sensor seperti barcode itu ke daun padi, maka akan tampil pada layar DLCC akan tampil ukuran pupuk yang harus disebarkan dalam hitungan kilogram per hektar.

Baca Juga  Benarkah Google Menyadap Kita?

Alat sensor ini memiliki obyektivitas tinggi antara penggunaan pupuk dengan hasil tanaman padi. Berkat karyanya ini M.Luthfi Meraih peringkat III pada ajang Intel International Science & Engineering Fair 2012 di Pennsylvania, AS.

3Energi Alternatif dari Urine Manusia

siswa sman 10 malang - Walaupun Nyeleneh, Tapi Beberapa Karya Anak Bangsa Ini Tetap Greget Banget Ya!

Bagaimana bayangan kamu ketika mendengar kata urine? Pasti sesuatu yang kotor dan bau. Berbeda jika ditangani oleh Nurul Hidayah dan Nando Novia siswa dari SMA Negeri 1 Bogor ini dengan mengkombinasikan urin bersama tenaga surya menjadi Hidrogen untuk kemudian menghasilkan listrik dan dapat menggerakkan mobil.

1 liter, mobil mampu melaju sejauh 17 kilometer dengan kecepatan 60 km/jam. Melalui karyanya ini mereka meraih medali emas dalam ajang International Young Invetor Project Olympiade (IYIPO) Ke VI di Georgia.

4Senjata Elektronik Tanpa Suara

penemuan baru teknologi sederhana pelajar indonesi - Walaupun Nyeleneh, Tapi Beberapa Karya Anak Bangsa Ini Tetap Greget Banget Ya!

Miftah Yama Fauzan seorang siswa dari SMA Negeri 1 Sidoarjo menciptakan senjata modern dengan sistem elektronikal tanpa suara. Dengan mengeluarkan modal satu juta rupiah Ia mampu membuat senjata model mirip seperti pistol TNI/Polri.

Amunisi yang digunakan pada senjata bisa dengan logam apa saja tidak menggunakan bahan peledak karena 100 % sistem elektronikal mampu membuat paku terlempar jauh. Miftah dengan karya tersebut meraih medali emas dalam ajang International Of Young Scientist (ICYS) 2010 Bali, Indonesia.

Baca Juga  Kasian Teknologi, Selalu Mudah Untuk Disalahkan

5Helm Berpendingin

6Aplikasi Ponsel

Fahma Waluya Hania  - Walaupun Nyeleneh, Tapi Beberapa Karya Anak Bangsa Ini Tetap Greget Banget Ya!

Kakak beradik Fahma Waluya R dan Hania Pracika R membuktikan pada kita bahwa membuat game sama serunya dengan bermain game. Meskipun mereka masih kecil mereka mengembangkan aplikasi ponsel mulai dari dari game mobile sampai game smartphone yang mengandung edukasi. Dengan prestasinya tersebut mereka memenangkan lomba pembuatan software di Asia Pasific Information And Comunication Technology (APICTA) International 2010, Kuala Lumpur Malaysia.

7Limbah Kotoran Sapi Menjadi Pengharum Ruangan

cow dung air freshener.jpeg.650x0 q70 crop smart - Walaupun Nyeleneh, Tapi Beberapa Karya Anak Bangsa Ini Tetap Greget Banget Ya!

Limbah identik dengan sisa pembuangan termasuk limbah kotoran sapi. Kotoran sapi kotor dan berbau menjadi pengharum ruangan? Bagaimana bisa?

Ditangani oleh Dwi Nailul l dan Rintya Miki A yang merupakan murid dari SMA Muh. Babat di Jawa Timur limbah kotoran sapi disulap menjadi pengharum ruangan, dengan adanya alternatif ini mungkin pewangi ruangan menjadi relatif murah. Berkat karya mereka, Dwi dan Rintya menjadi wakil dari Indonesia dalam acara International Environment Project Olympiad (INEPO) pada tahun 2013 di Istanbul, Turki.

Nah, itulah beberapa karya anak bangsa Indonesia yang nyeleneh tapi mampu mengharumkan nama negara di mancanegara. Semoga Bermanfaat.