Donor darah adalah perbuatan mulia. Karena darah yang kita sumbangkan akan menolong nyawa seseorang yang memerlukankan tambahan darah. Namun, kerap kali ketika sudah ada niat mendonorkan darah, yang terbayang adalah rasa takut. Takut kita yang justru kekurangan darah.

Padahal, donor darah, adalah kegiatan medis yang bisa dikatakan biasa saja. Hanya saja memang banyak yang belum tahu, apa syarat-syarat yang harus dipenuhi seorang pendonor. Nah, biar paham, berikut akan diuraikan apa saja syarat-syarat seorang pendonor.

Syarat berat badan

donare - Kamu Berniat Donor Darah, Simak Ini 4 Syaratnya

Seorang pendonor harus memenuhi syarat minimal berat badan. Minimal si pendonor berat badannya 45 kilogram. Karena berat badan akan menentukan besaran darah yang akan diambil untuk didonorkan. Contohnya untuk yang punya berat badan 45-55 kg, darah yang bisa didonorkan 240 cc.

Maksimal 4 kali donor dalam 1 tahun

Syarat donor darah saat puasa - Kamu Berniat Donor Darah, Simak Ini 4 Syaratnya

Ternyata mendonorkan darah tak bisa semaunya. Tidak bisa setiap saat bisa mendonorkan darah. Pendonor maksimal dalam 1 tahun, bisa diambil darahnya hanya 4 kali saja.

Selain itu, syarat lainnya terkait dengan tekanan darah. Tekanan darah atau sistolik si pendonor harus diantara 100-200 mm Hg.

Pemeriksaan tubuh

pri 1469491845 - Kamu Berniat Donor Darah, Simak Ini 4 Syaratnya

Si pendonor ketika hendak mendonorkan darahnya, harus menjalani pemeriksaan badan dulu. Sehingga bisa diketahui bagaimana kondisi jantung, paru-paru, hati dan limpa. Semua harus dalam keadaan normal.

Tidak boleh menderita penyakit tertentu

donor darah130613b - Kamu Berniat Donor Darah, Simak Ini 4 Syaratnya

Si pendonor selain jantung, paru-paru, limpa dan hatinya harus normal, juga tak boleh dia sedang menderita penyakit seperti sipilis, jantung, TBC, ginjal, diabetes, tumor, hati, limpa bengkak, darah rendah dan darah tinggi dengan komplikasi pada organ -organ penyakit kulit menahun.

- Sponsored -