Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman sukunya. Hampir di setiap daerah memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. Setidaknya ada sekitar 17.503 pulau-pulau besar dan pulau-pulau kecil yang tersebar di seluruh permukaan tanah air Indonesia. Namun ternyata, banyak sekali yang tidak mengetahui tentang asal asul nama negara Indonesia. Mereka hanya mengetahui bahwa Indonesia merupakan negara yang dijajah selama 350 tahun lamanya oleh Belanda dan merdeka tahun pada 17 Agustus 1945 tanpa mengenal asal usulnya. Berikut adalah asal usul nama negara Indonesia.

Menurut sejarawan Universitas Oxford yakni Peter Carey, nama Indonesia muncul dan diperkenalkan pertama kalinya oleh James Richardson Logan pada tahun 1850 pada Journal of Indian Archipelago and Eastern Asia. Ia merupakan orang Skotlandia yang menjadi editor majalah Penang Gazette yang bermukim di negara Malaysia pada kurun waktu 1842-1847.

Baca Juga  Kalau Kamu Benci Indonesia, Tinggal di Korut Saja & Rasakan 4 Aturan Ini!

Nama yang diperkenalkan adalah Indonesia untuk menyebut Kepulauan Hindia yang waktu itu merupakan jajahan Belanda sehingga disebut Hindia-Belanda”. kata Carey. Tokoh lain yang disebutkan Peter Carey dan Didi Kwartanada adalah ilmuwan Jerman, Adolf Bastian (1826-1905), Guru Besar Etnologi di Universitas Berlin, yang memopulerkan nama Indonesia di kalangan sarjana Belanda.

Bastian memopulerkan nama Indonesia dalam bukunya berjudul yang berjudul “Indonesia; Oder Die Insiln Des Malayischen Archipel” terbitan tahun 1884 sebanyak 5 jilid. Buku tersebut memuat hasil penelitiannya di Nusantara dalam kurun 1864-1880. Menurut Carey, Bastian membagi wilayah Nusantara dalam zona etnis dan antropologi.

Baca Juga  Selama Ini Taunya Make Aja Pasti, Tapi Udah Tau Belum Sejarahnya Google Play Store?

Nama Indonesia menjadi identitas politik ketika trio Douwes Dekker, Ki Hajar Dewantara (Soewardi Soerjaningrat), dan dokter Tjipto Mangunkusumo mengusung gagasan modern berpolitik dalam Indische Partij (Partai Hindia), yang menjadikan orang-orang kelahiran Indonesia membangun kesadaran politik dan kebangsaan Indonesia tanpa membedakan sekat perbedaan suku-rasial dan keyakinan. Itulah asal asal usul nama negara Indonesia.

- Advertisement -