Di tilang polisi memang hal yang tidak menyenangkan apalagi jika anda dalam perjalanan yang sedang buru-buru lalu tiba-tiba ada razia dan sialnya saat itu anda lupa membawa surat-surat kendaraan anda. Habis sudah anda saat razia itu. Mungkin karena faktor ini yang membuat begitu banyak orang benci kepada polisi. Banyak orang kesal kepada polisi karena terkadang polisi memberhentikan pengendara tanpa ada alasan yang jelas dan juga tanpa surat-surat lalu polisi mengadakan pungutan liar kepada pengendara tersebut. Sebenarnya Tilang itu memang di atur dalam undang-undang tapi banyak polisi itu menyalahgunakan proses tilang dengan mencari uang tambahan yang sebenarnya itu uang haram jika di nikmati. Kesalahan kita juga yang mempunyai mental menyogok yang membuat polisi jadinya mempunyai kebiasaan yang di namakan “uang damai”. Tentu saja ini kesalahan kita juga karena awalnya kita memberikan sogokan yang akhirnya menjadi kebiasaan dan budaya sampai sekarang.

images 12 - Hal Yang Harus Di Lakukan Saat Ditilang Oleh Polisi

Sebenarnya jika kita terkena tilang tidak ada yang perlu kita takutkan apalagi jika kita dalam posisi yang memang tidak salah. Sekarang banyak polisi cari-cari kesalahan para pengendara. Tak jarang banyak juga polisi yang tidak hapal dengan undang-undang, asal bawa saja itu buku undang-undang. Saya pernah punya pengalaman saya naik motor bersama teman saya. Bawa surat-surat lengkap lalu pakai helem juga SNI. Lalu saya dan teman saya di berhentikan oleh polisi padahal kami lengkap semua, alasannya katanya spion saya udah jelek. Loh udah jelek gimana? orang saya bawa motor yang saya baru beli dua bulan yang lalu. Saya tanya lagi jelek bagaimana pak? lalu pak polisi itu mulai menyibukkan diri dengan mencari-cari undang-undang agar kesannya saya salah. Tapi dia tidak berhasil mencari kesalahan saya. Saya tanya lagi, bagaimana pak jadinya? Adek kasih uang damai aja deh. Saya langsung marah, loh di tanya salah saya bagaimana malah tanya uang damai. Saya langsung jalan saja lalu saya melihat orang-orang banyak juga di berhentikan seperti itu. Saya di lihatin sama polisi itu, saya tidak takut. Karena banyak polisi seperti itu maka masyarakat menjadi kurang “respect” sama polisi. Nah jika anda terkena tilang maka ada beberapa tips yang mau saya share kepada kalian.

1.Akui Kesalahan Jika Salah

images 13 - Hal Yang Harus Di Lakukan Saat Ditilang Oleh Polisi

Jika anda terkena tilang oleh polisi di jalan jika itu memang jelas-jelas kesalahan anda maka sebaiknya anda mengakui saja kesalahan yang anda buat. Apalagi jika polisi tersebut baik kepada anda, baik disini maksudnya tidak meminta uang damai dan bekerja secara jujur. Jika anda mengaku salah dan ingin menyelesaikan ini di pengadilan maka ambil surat tilang yang berwarna merah. Lalu anda akan menyelesaikan perkara ini di pengadilan negeri. Kenapa saya sarankan pilih yang ini? Karena jika anda mengambil surat tilang warna merah anda akan menyelasaikan masalah tilang ini di pengadilan negeri dan jumlah denda yang disangsikan kepada anda pun paling murah. Ya kendalanya hanya anda saja yang malas ke pengadilan untuk mengurus ini. Jika anda Tidak punya waktu untuk pergi ke pengadilan negeri untuk menyelesaikan perkara tilang ini maka saya sarankan anda untuk mengambil surat tilang berwarna Biru. Ini paling mudah untuk menyelesaikan masalah tilang anda hanya di suruh datang ke bank dan menyelesaikan denda yang harus anda bayarkan kepada pemerintah. Tapi kekurangannya adalah jumlah dendanya lebih mahal.  Jika anda malas ke pengadilan dan bank maka anda bisa menitipkan denda kepada pihak yang bersangkutan tapi saya tidak menyarankan ini karena terkadang suka terjadi main sogok.

2.Jika Tidak Salah, Ya jangan takut

Jika anda bertemu dengan polisi yang suka mencari-cari kesalahan anda padahal anda tidak salah. Maka ambil surat tilang warna merah dan biru. Nanti anda dan sang penilang akan di temukan di pengadilan untuk proses lebih lanjut. Tenang saja jika anda memang tidak salah pasti anda menang.

Sebenarnya saat kita terkena tilang banyak sekali alternatif-alternatif yang bisa kita lakukan untuk menyelesaikan perkara itu. Tapi kebanyakan dari kita merasa takut dan malas untuk menyelesaikannya. Jadi mulai saat ini lebih bijak ya dalam menghadapi perkara tilang.

- Sponsored -