Banyak film dibuat berdasarkan cerita novel. Bahkan kemudian banyak film dari novel  yang sukses menangguk keuntungan. Ukurannya tentu salah satunya adalah jumlah penonton, yang akan berkorelasi dengan besaran keuntungan dari film tersebut.

Artikel ini coba mengupas film-film yang dibuat berdasarkan cerita novel atau novel-novel yang sukses ketika diangkat ke layar besar. Hollywood, tak hanya jadi jalan sukses para artis untuk menangguk ketenaran dan pundi dollar. Tapi Hollywood juga jadi jalan bagi para novelis mencetak keuntungan.

Salah satu novel yang sukses ketika diangkat ke layar besar adalah Harry Potter. Novel Harry Potter ditulis oleh JK Rowling ini. Tapi cerita Harry Potter mendunia setelah diangkat ke layar lebar. Filmnya pun untung besar. Film Harry Potter and The Deathly Hallows Part 2 misalnya sukses besar di pasaran. Film ini jadi salah satu box office dengan keuntungan jumbo.

96Harry Potter - Habis Novel, Terbitlah Film

Film Harry Potter Anda Their Deathly Hallows Part 2, berhasil membukukan keuntungan hingga 1,3 milyar dollar. Film berdasarkan cerita novel lainnya yang juga untung besar adalah film Their Lord the Ring: The Return of the King. Film tersebut sukses meraup laba hingga 1,1 miliar dollar.

Seri lainnya dari film Lord of The Ring yang juga sukses mengumpulkan jutaan dollar adalah film The Lord of The Rings: The Fellowships of the Ring. Keuntungan yang ditangguk film tersebut mencapai 874,7 juta dollar. Ya, meski masih kalah dengan film The Return the King, tapi tetap saja untungnya fantastis, mencapai jutaan dollar. Novel The Lord of The Ring sendiri ditulis oleh  J. R. R. Tolkien.

poster laskar - Habis Novel, Terbitlah Film

Film berdasarkan cerita novel lainnya yang juga sukses menangguk untung adalah film The Twilight. Ada dua film The Twilight yang sukses ditonton banyak penonton. Dua film Twilight yang meledak itu adalah film The Twilight yang berhasil membukukan keuntungan sebesar 390 juta dollar dan film The Twilight Saga: Breaking Dawn Part 2, yang meraup laba sebanyak 829,7 juta dollar. Novel The Twilight sendiri ditulis oleh Stephenie Meyer. Tentu Stephenie sebagai penulis,  juga ikut kecipratan untung. Sudah dipastikan, seiring suksesnya The Twilight di layar lebar, isi dompet Stephenie kian tebal.

Oh ya, hampir lupa, ada satu film Harry Potter lainnya yang juga sukses. Film Harry Potter itu adalah film Harry Potter and the Sorcerer’s Stone. Keuntungan yang diraup film tersebut mencapai 974,6 juta dollar.

Nah, bagi kamu yang sedang atau punya novel bagus, bersemangatlah. Siapa tahu bisa seperti J. K. Rowling, J. R. R. Tolkien, Stephenie Meyer atau juga seperti Andrea Hirata penulis novel Laskar Pelangi. Novel Laskar Pelangi juga sempat diangkat ke layar lebar dan sukses. Filmnya banyak ditonton orang.

- Sponsored -