Apa yang temen-temen pikirkan ketika mendengarkan kata zaman prasejarah? Apa mungkin temen-temen akan berpikir mengenai dinosaurus, gua, atau juga mungkin manusia purba? Tapi apa temen-temen pernah berpikir mengenai sebuah film animasi? Jika tidak, kali ini saya akan membahas mengenai sebuah film animasi yang mengambil latar waktu zaman prasejarah. Penasaran? Kalau begitu tanpa menunggu lama lagi, yuk kita bahas.

‘The Croods‘ merupakan film animasi yang bercerita dengan mengambil latar waktu pada zaman prasejarah. Film ini menceritakan tentang sebuah keluarga manusia gua yang hidup pada zaman tersebut. Eep yang merupakan seorang remaja perempuan memiliki keingintahuan yang sangat besar. Namun keingintahuannya tersebut dibatasi oleh ayahnya, Grug. Hal tersebut dikarenakan pada zaman tersebut keluarga mereka merupakan salah satu dari sedikit keluarga yang mampu bertahan hidup. Mereka berhasil bertahan hidup karena berkat peraturan yang super ketat dan bahkan bisa dibilang over protektif dari Grug.

Baca Juga  Keanu Reeves Tak Tampil di The Matrix?

Setiap malam Grug selalu menceritakan sebuah kisah kepada istrinya Ugga, anak perempuannya yang masih kecil Sandy, anak lelakinya Thunk dan mertuanya Gran. Kisah tersebut menceritakan tentang seseorang yang memiliki keingintahuan yang sangat besar yang mirip dengan Eep, hal tersebut ia lakukan agar keluarganya dapat berhati-hati dengan sesuatu hal yang baru. Namun hal tersebut membuat Eep sakit hati. Hingga pada suatu malam, Eep kabur dari guanya dan keluar. Hal tersebut berarti menentang peraturan ayahnya.

Kemudian pada saat itulah ia bertemu dengan Guy, seorang remaja laki-laki yang cerdas dan juga seorang penemu/pencipta. Guy pun kemudian memberitahu pada Eep mengenai teorinya tentang ‘akhir’ dunia. Guy pun mengajak Eep untuk segera pergi. Namun Eep menolak ajakan tersebut dan kembali pulang.

Baca Juga  Dunkirk – Penyelamatan Paling Tragis Pasca Perang Dunia 2

Namun tanpa diduga keesokan harinya terjadi sebuah gempa yang menghancurkan gua tempat tinggal mereka. Hal tersebut pun memaksa mereka harus pergi dan mencari tempat tinggal baru. Kemudian mereka pun bertemu dengan Guy, walaupun awalnya Grug tidak menyukai Guy dan bahkan merasa tersaingi dengan Guy. Tetapi setelah melawati petualangan yang sangat panjang, akhirnya Grug pun menerima Guy.

Film ini menurut saya banyak sekali mengajarkan kita tentang betapa pentinganya arti keluarga. Bahkan di adegan terakhir, ketika Grug mengorbankan dirinya agar bisa menyelamatkan Guy dan keluarganya menurut saya menunjukan bahwa kasih sayang orang tua tidak ada batasnya.

Namun temen-temen jangan khawatir, karena film ini tidak berakhir sedih, karena ternyata akhirnya Grug bisa selamat dan kembali berkumpul bersama keluarganya.

- Sponsored -