Loading...

Mudik dengan naik mobil pribadi masih diminati masyarakat Indonesia. Pasalnya, keluarga bisa lebih leluasa untuk beristirahat dan mampir ke tempat wisata di daerah yang dilewati. Bahkan ketika sudah sampai kampung halaman, mobil bisa digunakan untuk mengajak keluarga jalan-jalan.

Namun ada hal-hal yang harus diperhatikan jika Anda memilih mudik dengan naik mobil. Pastikan mobil telah diservis karena biasanya mobil akan menyala selama 20 hingga 24 jam seharinya. Jadi mesin harus dalam kondisi maksimal.

Beberapa bagian penting pada mobil harus dicek agar perjalanan mudik lancar. Misalnya rem, ban, busi, suspensi, dan aki. Walaupun sudah diservis, terkadang masih saja ada beberapa bagian yang luput dicek. Berikut daftarnya.

Baca Juga  Promo Mobil Honda Lebaran Idul Fitri 2018

Air Radiator

Saat perjalanan mudik, tak jarang kita melihat banyak mobil yang berhenti di pinggir jalan dengan kap mesin terbuka. Bahkan terlihat uap keluar dari mesin. Jika sudah begini, tandanya mesin mengalami over heating sehingga tekanan dalam radiator meningkat.

Penyebab mesin over heating adalah air biasa tidak bisa mendinginkan mesin secara cepat saat mengalami kemacetan yang parah. Selain itu, motor fan juga tidak bisa mendorong angin yang kencang. Maka cek sistem pendingin sebelum mudik dan gunakan air radiator atau coolant untuk mendinginkan mesin.

AC

Walaupun AC mobil masih terasa dingin sebelum mudik, cek juga bagian ini saat ke bengkel. Saat mudik AC harus dalam kondisi dingin maksimal dan tekanan freon normal sehingga membuat perjalanan mudik lancar.

Baca Juga  Promo Mobil Honda Lebaran Idul Fitri 2018

Selain itu, gunakan filter AC untuk membebaskan mobil dari debu dan jamur. Jangan lupa bersihkan evaporator agar AC bisa menghasilkan udara yang dingin secara maksimal.

Oli

Saat hendak mudik, sebaiknya ganti oli atau pelumas agar mesin tetap awet dan terhindar dari gesekan langsung. Tidak hanya oli mesin, tapi juga oli transmisi. Supaya Anda bisa merasa yakin bahwa kendaraan Anda terlindungi sepenuhnya selama mudik maka Anda perlu menggunakan pelumas berkualitas tinggi.

- Sponsored -
Loading...