Apa Itu Paspor? – Paspor adalah sebuah identitas yang dikeluarkan oleh lembaga negara yang membuat pemegangnya bisa melakukan perjalanan antar negara. Kebanyakan orang hanya tau fungsi paspor hanya untuk jalan-jalan saja. Padahal paspor itu banyak sekali jenisnya. Beda jenis sudah pasti beda kegunaannya.

Jenis-Jenis Paspor

images 10 - Mau Keluar Negeri, Tapi Ga Punya Passport? Bikin Online Aja!

Paspor Haji dan Umrah

Kegunaan Paspor Haji dan Umrah adalah untuk jamaah yang ingin melakukan ibadah Haji atau Umrah.

Paspor Dinas

Kegunaan Paspor Dinas untuk orang yang sedang melaksanakan tugas dinas ke luar negeri.

Paspor Diplomatik

Kegunaan Paspor diplomatik ini adalah sebagai tanda pengenal yang sah bahwa pemegang paspor ini adalah utusan negara untuk melakukan kunjungan diplomatik ke negara lain.

Paspor Biasa

Paspor Biasa ini adalah paspor yang kita kenal umumnya. Paspor ini kegunaannya sebagai tanda pengenal jika kita ingin melakukan perjalanan ke luar negeri.

Bagaimana Cara Membuat Paspor Secara Online?

  • Registrasi di website imigrasi
  • Buka website imigrasi, anda dapat membukanya di imigrasi.go.id , kemudian anda klik bagian layanan publik. Setelah itu pilih layanan paspor online.
  • Setelah itu akan muncul sebuah halaman baru lalu kita pilih pra permohonan personal. Karena tujuan kita adalah membuat paspor baru.
  • Lalu muncul form permohonan yang harus anda isi. Untuk kolom jenis permohonan pilihlah sesuai dengan kebutuhan anda. Apakah anda butuh paspor biasa atau paspor yang lain. Untuk kolom nomor paspor lama bisa kita kosongkan, karena kita ingin membuat paspor baru. Untuk jenis paspor pilihlah yang 48 halaman. Paspor 48 halaman ada paspor reguler untuk anda yang berkepentingan jalan-jalan biasa. Sedangkan paspor 24 halaman biasanya untuk TKI. Lalu kolom kantor imigrasi, pilihlah yang paling dekat dari lokasi rumah anda agar lebih mudah mengurusnya.
  • Selanjutnya akan ada form data diri. Anda harus mengisi data diri anda seperti nama, tinggi badan, tempat tanggal lahir, pekerjaan, dan alamat email.
  • Lalu anda akan menerima informasi pembayaran yang akan muncul pada email yang anda isi tadi.

Lakukan Pembayaran

  • Pertama anda print informasi pembayaran yang sudah dikirim oleh kantor imigrasi ke alamat email anda. Document tersebut harus anda bawa saat melakukan pembayaran. Pembayaran hanya bisa dilakukan melalui bank BNI.
  • Jika anda mau melakukan pembayaran melalui bank maka anda tinggal datang ke bank BNI terdekat lalu minta nomor antrian teller dan bilang jika anda ingin melakukan pembayaran pembuatan paspor dan jangan lupa menyerahkan document yang sudah anda print tadi. Lalu anda bayar dan anda akan mendapatkan tanda bukti yang sah.
  • Jika anda mau melakukan pembayaran via ATM maka anda tinggal melakukan transaksi di ATM berlogo BNI. Pilih menu pembayaran lalu pilih menu imigrasi. Setelah itu anda akan diminta memasukan nomor permohonan yang sudah anda dapatkan. Lalu akan muncul data diri anda dan anda tinggal bayar saja.

Konfirmasi Pembayaran

Selanjutnya anda tinggal membuka email anda. Biasanya setelah melakukan pembayaran maka anda akan mendapatkan email lagi untuk melakukan konfirmasi pembayaran. Anda tinggal klik konfirmasi maka otomatis anda akan mengunjungi situs imigrasi.go.id dan anda tinggal memilih tanggal yang tersedia untuk datang ke kantor imigrasi yang sudah anda pilih.

Persiapkan Berkas

Selanjutnya anda hanya perlu mempersiapkan berkas-berkas yang harus anda bawa ke kantor imigrasi. Berkas yang harus anda siapkan adalah :

  • KTP
  • Kartu Keluarga
  • Akta kelahiran

Datang ke kantor Imigrasi

Selanjutnya anda tinggal datang ke kantor Imigrasi sesuau dengan tanggal yang sudah anda pilih saat konfirmasi pembayaran.

  • Ambil nomor antrian.
  • Verifikasi berkas yang sudah anda siapkan tadi.
  • Ambil nomor antrian lagi. Kali ini untuk melakukan foto dan wawancara.

Wawancara disini hanya wawancara sederhana saja seperti “apa tujuan kita membuat paspor?” dan juga pertanyaan lainnya. Setelah anda melakukan foto dan wawancara maka selanjutnya anda tinggal mengambil paspor. Biasanya tanggal ditentukan oleh petugas.

Ambil paspor

Datanglah lagi ke kantor imigrasi sesuai dengan tanggal yang ditentukan. Lalu anda tinggal menyerahkan bukti pembayaran ke petugas dan bilang anda ingin mengambil paspor. Anda hanya perlu menunggu lalu nama anda akan dipanggil dan paspor anda sudah jadi.

Itulah cara membuat paspor secara online. Cukup mudah dilakukan jika kita mengikuti semua prosedur dengan seksama. Tentu anda juga lebih hemat waktu dan juga energi.

- Advertisement -