Kategori: Inspiratif

Bisa Dibilang Kamu Beramal Tapi Melakukan Beberapa Hal Ini, Jatohnya Jadi Sia-Sia!

Disini ane berusaha menjauhkan unsur dari agama tertentu, karena bahwasannya semua agama menghendakkan kita sebagai manusia penganut dari masing-masing agama tersebut memberikan ataupun beramal dari semua yang kita memiliki, sedikit-sedikitnya hal tersebut tetap disebut beramal. Sama halnya dengan Ikhlas, suatu hal yang sangat kompleks dan tidak semua orang dapat menafsirkannya dalam kehidupan nyata sekalipun mengerti dengan maknanya bukan?
Nah kali ini ane sebagai Kaskuser yang baik hati hanya bisa saling mengingatkan, karena dijaman milenial sekarang semakin bikin miris, walaupun memang tidak semuanya seperti itu, tapi ga ada salahnya kan ane ngingatin agan-agan sekalian? Yok kuy cek langsung!

Update status di semua sosial media berkaitan dengan amal ibadah

Untuk update sebenarnya baik jika kita menggunakan untuk hal yang diperlukan atau menyebarkan info kebaikan kepada semua orang. Namun tanpa disadari saat kita mengumbar kebaikan kita dengan cara update status di sosial media ini akan memicu riya, atau dengan pencitraan. Semisal agan update “sehabis sedekah nih, karena membuat hati kita lebih nyaman”, dalam lubuk hati memang ingin mengajak untuk bersedekah, tetapi menurut pandangan orang lain dapat berbeda dan bisa dikatakan riya menurut sudut pandang orang lain. Sehingga yang agan lakukan akan menjadi kurang baik, sebaiknya memberi informasi saja jika beramal itu akan membuat hati tentram.

Mengharap balasan dari siapapun

Mengharap balasan akan mengurangi ketulusan agan saat beramal, biarkan sang pencipta saja yang memberi balasan saat di akhirat karena memang hal itu sama dengan pepatah “Hanya agan dan Tuhan yang tahu” bukan?. Saat melakukan kebaikan kita berharap berkali lipat dengan apa yang agan akan dapat dari orang lain. Rasa ini akan jauh dari rasa ikhlas. Hati yang tulus akan berupaya untuk berbuat baik meskipun kebaikan entah kapan kembali atau tidak.

Pamer kebaikan kepada orang lain

Hal ini hampir sama seperti update status dipon nomor satu tetapi ini berbeda karena langsung bertatap dengan orang lain tanpa perantara. Semisal agan berbicara kepada orang lain “setiap malam ane tahajudan loh” hal ini akan mengurangi ketulusan agan saat melaksanakan tahajud tsb. Agan tanpa sadar membutuhkan pengakuan orang lain kalau agan itu ingin dipuji. Sebaiknya aga menjaga apa yang dikeluarkan oleh mulut kita. Karena yang dapat membendung perkataan kita adalah diri agan sendiri.

Mengungkit kebaikan kepada orang lain

Terkadang agan kesal dengan perilaku orang lain yang telah agan bantu di waktu lampau, saat agan telah bantu malah orang tersebut pergi tanpa kabar. Kekesalan ini akan mengungkit kebaikan kita kepada orang lain. Namun apapun yang terjadi jangan sampai mengungkit, tetapi lakukan perbuatan orang lain supaya lebih bermanfaat.

Selalu mengingat kebaikan yang dilakukan

Mengingat kembali kebaikan yang telah agan lakukan kepada orang lain karena hal tersebut ada di kepala agan. Tetapi biarkan amal tersebut hanya menjadi kenangan bukan untuk diingat terus menerus. Terkadang mengingat perlakuan buruk seseorang dan sulit mengingat kebaikan orang lain.

Nah, itulah dia beberapa hal yang bisa mengurangi faedah dari beramalnya agan. Tetaplah berprinsip “Hanya Agan dan Tuhan yang tau”. Bagaimanapun, tidak perlu diumbar-umbar manusia tetap tau mana akhlak yang dan baik dan buruk sekalipun kebanyakan memang orang hanya melihat dari topengnya aja. Tapi percaya lah, manusia itu ga sepenuhnya buta, cuma ga ngerti aja. Biarkanlah kebaikan agan menjadi rahasia agan sendiri, seperti agan merahasiakan dosa-dosa agan.
Sekian dah info dari ane moga ada manfaatnya buat agan semua!

This post was last modified on February 26, 2018, 7:53 pm

Ngaco

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah

Recent Posts

Cek Bagian Penting Mobil Saat Ingin Melakukan Perjalanan Mudik

Mudik dengan naik mobil pribadi masih diminati masyarakat Indonesia. Pasalnya, keluarga bisa lebih leluasa untuk beristirahat dan mampir ke tempat…

Mei 15, 2018 9:46 pm

Penyebab Umur Ban Jadi Cepat Berkurang

Ban menjadi komponen penting dalam kendaraan bermotor. Karena ban yang kontak langsung ke permukaan jalan. Untuk itu, komponen karet hitam…

April 15, 2018 2:28 pm

Promo Mobil Honda Lebaran Idul Fitri 2018

Halo sahabat Honda! Apa kabar? Tidak terasa, sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri 2018 segera tiba! Tentu hal ini merupakan…

April 8, 2018 10:35 pm

Sering Gila Karena Lag Saat Main Game di Mobile? Ikuti Tips-Tips Ini Ngaco’ers!

Balik lagi nih ama ane, setahunsudah! Yey yey! Lagi pusing mau nulis apaan, jadi iseng aja lah ya kali ini…

April 3, 2018 11:06 pm

Telkomsel Menjawab Keluhan Lag Pemain ML / Mobile Legends

Game online menjadi satu andalan Telkomsel dalam menggenjot pendapatan dari layanan data. Salah satu platform game yang didukung Telkomsel adalah…

Maret 30, 2018 11:21 pm

Arena of Valor Umumkan Mekanisme Seleksi AOV World Cup untuk Setiap Tim Nasional

AOV World Championship (AWC) 2018 sendiri akan dilaksanakan pada bulan Juli di Los Angeles, Amerika Serikat. AWC 2018 ini tidak lagi…

Maret 29, 2018 10:11 pm

This website uses cookies.