Kalian suka nonton? Kalau anime suka ngga? Buat kamu para anime lover, ada info menarik nih. Apaan tuh?

Dari sekian banyaknya anime yang diproduksi, ada beberapa diantaranya yang bikin para penonton patah hati, jantung serasa ditusuk-tusuk, mewek dan baper berkepanjangan.
Emang isinya apa sih? Ya cerita, cuma isinya bikin melow abis. Ibarat kehidupan kita sehari-hari aja, ada suka, ada duka. Ngga jarang ending kisahnya ngga sesuai sama ekspetasi penonton. Itu tuh yang buat penonton kecewa, tapi tetep soal cerita keren!
Nah, kira-kira pada tau ngga nih apa aja anime yang menguras emosi? Penasaran kan? Langsung tancap ya, ini dia!

1Hotaru No Haka – Grave of the Fireflies

gravefireflies - Awas! 5 Anime Ini Bikin Kamu Baper!

Mahakarya dari Studio Ghibli yang satu ini bisa dibilang melegenda banget, tak terlupakan deh. Anime ini diproduksi pada tahun 1988. Meskipun sudah lawas nyatanya Hotaru no Haka tetap bercokol di hati para anime lover.

Berkisah mengenai kehidupan dua bersaudara, Seita dan Setsuko saat perang dunia kedua meluluhlantahkan Jepang. Hidup keduanya tak lagi sama, Ayah dan Ibu mereka tewas dalam perang. Mereka dipaksa untuk dapat bertahan hidup dalam kondisi yang tidak stabil dengan keadaan yang masih mencekam karena sewaktu-waktu perang kembali memanas.

Keduanya sempat diasuh oleh salah satu saudara, tetapi kemudian memilih untuk pergi dan tinggal di suatu tempat. Di tempat inilah perjuangan bertahan hidup keduanya diuji. Kisahnya singkat, dikemas dengan sangat apik. Ada bagian yang sangat menegangkan kemudian berganti menjadi serangkaian emosi. Begitu menyentuh dan penuh haru. Penonton secara tidak langsung diajak untuk berempati terhadap nasib tragis keduanya. Isao Takahata sukses mengaduk-aduk emosi penonton. Nyesel deh kalau kamu ngga nonton ini!

2Shigatsu Kimi no Uso – Your Lie in April

maxresdefault - Awas! 5 Anime Ini Bikin Kamu Baper!

Duh, salah satu anime musikal terbaik. Ngga melulu soal asmara yang menye-menye. Shigatsu Kimi no Uso lebih dari itu. Sama halnya seperti Hotaru no Haka, anime ini sukses membuat penontonnya baper bahkan orang dewasa aja mewek. Buset!

Anime ini menceritakan tentang kisah hidup Arima Kousei, jenius musik. Sejak kecil ia dilatih keras oleh sang Ibu untuk menjadi pianis hebat. Lantaran berbakat sejak kecil, tidak sulit untuk mengasah kemampuannya. Saking jeniusnya, Kousei hampir mendominasi seluruh kejuaraan sehingga menimbulkan rasa iri para pianist lain. Mereka ingin sekali bisa mengalahkan sang jenius.

Baca Juga  Beberapa Film Hollywood Adaptasi Jepang Ini Bisa Segera Kamu Nikmati

Sayangnya, Arima kemudian mengalami trauma, ia bahkan tidak dapat mendengar nada apapun yang dikeluarkan saat memainkan piano. Sejak saat itu ia berhenti bermain piano. Kehidupannya menjadi monoton, hitam putih. Para rivalnya pun bertanya-tanya kemana perginya Kousei.

Namun, semuanya berubah ketika Kousei bertemu dengan seorang gadis sepantaran bernama Miyazono Kaori yang notabenenya adalah seorang Violinist – pemain biola. Sejak saat itu hidup Kousei lambat laun mulai berwarna.

Selain menyuguhkan cerita yang bagus, kamu juga diajak untuk mendengarkan berbagai jenis musik klasik yang dikemas secara apik. Nah, penasaran kan bagaimana perjalanan Kousei kembali bermain piano dan kisahnya bersama Kaori? Pokoknya sedia tisu ya guys, soalnya ada beberapa adegan yang bikin nyesek ditambah sama sountracknya yang pas bingits!

Btw, saking kerennya ini anime, sudah ada live actionnya lho yang diperankan oleh Yamazaki Kento – Yamaken dan Suzu Hirose.

3Sen to Chihiro no Kamikakushi – Spirited Away

spirited away 1 - Awas! 5 Anime Ini Bikin Kamu Baper!

Studio Ghibli kembali menelurkan karya yang luar biasa keren. Anime produksi tahun 2001 ini masuk ke dalam jajaran film animasi tersukses di Jepang bahkan memecahkan rekor. Gimana ngga kalau sukses menyabet Oscar? Keren gilak!

Anime ini bercerita mengenai seorang gadis cilik, Chihiro yang tidak mau pindah. Ia pun kesal dan terpaksa mengikuti keinginan kedua orang tuanya. Perjalanan menuju rumah baru nyatanya tak semulus harapan. Mereka sempat kesasar dan terpukau dengan sebuah lorong misterius yang membawa mereka ke dalam dunia lain. Dalam pandangan mereka tempat tersebut adalah komplek hiburan.

Dari sini lah perjalanan dimulai. Kedua orang tua Chihiro dikutuk menjadi Babi karena melahap makanan dari dunia roh di sebuah warung sementara ia sendiri kebingungan dan berusaha untuk dapat menyelamatkan orang tuanya. Dengan bantuan seorang pemuda cilik – Haku, Chihiro berusaha untuk bertahan hidup di dunia roh dengan segala macam masalah yang ada.

Sanggupkan Chihiro bertahan dan kembali ke dunia manusia bersama kedua orang tuanya? Tonton sendiri yaa!

4Tokyo Magnitude 8.0

maxresdefault - Awas! 5 Anime Ini Bikin Kamu Baper!

Anime yang memiliki 11 episode ini sangat sayang untuk dilewatkan. Dari awal mulai aja, emosi penonton sudah diaduk. Nah lho!

Baca Juga  Bukan Shanks, Inilah Karakter Terkuat di One Piece!

Berkisah mengenai Mirai dan adiknya – Yuuki yang tengah liburan di Odaiba. Tak disangka, gempa bumi tiba-tiba melanda, meruntuhkan bangunan-bangunan di sekitar Tokyo. Alhasil keduanya terjebak!

Kebayang ngga sih gimana paniknya mereka? Anime ini keren abis karena berhasil menyuguhkan cerita yang beda. Mungkin studio Bones dan Kinema Citrus ingin memperlihatkan pada penonton bagaimana situasi ketika gempa bumi terjadi.

Gambaran akan situasi yang tak berlebihan dan terlihat natural serta akhir cerita yang mengejutkan membuat anime ini mendapatkan rating tinggi.

5Byosuko 5 Centimeter – 5 Centimeter per Second

5 centimeters per second 63921378881635 - Awas! 5 Anime Ini Bikin Kamu Baper!

Pernah dengar kalau cinta pertama itu sulit untuk dilupakan dan membekas? Agaknya ungkapan itu benar adanya. Melalui anime 5 Centimeter per Second ini penonton akan dibawa bergalau ria.

Terbagi menjadi 3 bagian, film ini dimulai dengan gambaran masa kecil Tohno Takaki dengan Shinohara Akari – yang menjadi cinta pertamanya. Hubungan keduanya semakin dekat karena memiliki banyak kesamaan. Hari-hari dilalui dengan suka cita, tetapi kemudian Akari harus pindah ke Tochigi.

Jarak keduanya yang sudah jauh semakin jauh lagi saat Takaki juga pindah ke Kagoshima. Nah, sebelum pindah Takaki nekat menyusul Akari dengan menggunakan kereta. Diperlukan waktu berjam-jam. Belum lagi adanya badai salju membuat perjalanan semakin lama.
Pada akhirnya keduanya bertemu dan melepas rindu. Esoknya, dengan berat hati Takaki harus meninggalkan pujaan hatinya.

Bagian kedua bercerita mengenai kehidupan Takaki di Kagoshima. Di bagian ini Takaki sudah beranjak dewasa, kelas 3 SMA. Diam-diam, Takaki ditaksir oleh seorang gadis, Sumida Kanae. Merasa harapan untuk dicintai Takaki hampir tak ada, Kanae memutuskan untuk memendam perasaannya dalam-dalam.

Bagian akhir memperlihatkan keseharian Takaki sebagai seorang programer di Tokyo. Tekanan yang besar membuatnya memutuskan resign, ditambah rasa rindu pada cinta pertamanya sudah membuncah ia semakin frustasi.

Sementara Takaki masih berharap dapat bertemu dengan Akari, gadis tersebut justru tengah bahagia menunggu hari pernikahannya tiba. Suatu waktu, Takaki melintasi rel kereta dan sekilas dirinya merasa melihat sosok orang yang dikenalnya. Sayang, ketika menoleh sosok tersebut dihalangi oleh laju kereta api.

Wah, ternyata banyak juga ya anime yang menguras emosi. Kira-kira berani nonton ngga nih? Kalau berani siap-siap baper yaa!